AMBON, Siwalimanews – Raja Negeri Rutong, Reza Valdo Maspaitella dan Raja Negeri Ema Janse Tresia Leimena, terpilih sebagai Ketua dan sekretaris Majelis Latupatti Kota Ambon periode 2023-2027.

Reza dan Leimena terpilih secara aklamasi dalam musyawarah besar II Majelis Latupati Kota Ambon, yang berlangsung di Marina Hotel, Selasa (7/2).

Sekretaris Umum Majelis Latupatti Maluku Decky Tanasale usai mubes tersbeut mengatakan, hasil ini merupakan hasil dari musyawarah dan mufakat.

“Kita adalah lembaga adat, dan mekanismenya harus anggota Latupatti duduk bersama berbicara dan putuskan dan kita tidak ikut campur soal hasilnya,” ucap Tanasale.

Untuk itu, hasil yang diperoleh kata Tanasale  murni dari musyawarah bersama, tanpa adanya kepentingan tertentu. Dengan terpilihnya Raja Rutong dan Ema, maka kepemimpinan mereka sebagai Majelis Latupati Kota Ambon untuk 4 tahun kedepan akan dimulai.

Baca Juga: Ratusan Lapak di Pasar Lama Dibongkar

“Kita sudah melalui musyawarah, 10 orang dan itu sudah memenuhi kuorum 2/3 dari 14 raja defenitif di Kota Ambon. Yang tidak hadir Raja Soya, Kilang, Laha dan Halong, tapi mereka tetap masuk struktur, jadi tidak ada masalah. musyawarah lebih baik, ketimbang voting dan pemilihan one man one vote akan membuat organisasi tidak sehat,” ucapnya. (S-25)