AMBON, Siwalimanews – Koordinator Bidang Fasilitas Keagamaan, sat­gas Covid-19 Kota Ambon, Fenly Masawoy mengungkapkan ter­hitung Senin (red hari ini) pihaknya akan melaku­kan pengawasan proto­kol kesehatan (Prokes) di sejumlah Masjid yang ada di kota bertajuk ‘Ma­nise’ ini.

“Dalam waktu dekat ini kita mulai hari Sabtu besok atau pun mulai hari senin nanti kita akan turun bersama untuk pe­mantauan tentang kese­hatan,” ungkap Masa­woy, kepada wartawan, di Baileo Rakyat, Bela­kang Soya Ambon, Ju­mat (16/4).

Masawoy menutur­kan, sebulan pihaknya melakukan pemantauan secara langsung di lapa­ngan, surat himbauan telah didaratkan ke se­tiap pengurus Masjid, talah dihimbaukan kepa­da seluruh Jamah.

Terhitung Kamis pekan lalu pihakny elah melalkukan sosialisasi tersebut, dan diriny memastikan himbauan tersebut telah menyen­tuh akar rumput. “Kami akan langsung turun ke lapangan, sebelumnya juga kami memberi him­bauan kepada masya­rakat selama tiga hari,” ungkapnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Mas­yarakat (Kesra) Kota Ambon ini juga menuturkan, himbauan yang diberi­kan tersebut berupa pelaksa­naan ibadah dengan tetap mene­rap­kan estimasi jamaah sebanyak 50 persen untuk Imsakiyah 1442 H/ 2021 M.

Baca Juga: Luhukay Tudingan Pemuda HMI Salah

“Selama menjalankan ibadah puasa salat salat fardhu salat sunat tarawih dan lainnya tetap menerap­kan kesehatan dan membatasi 50% peserta memang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, sesuai dengan eda­ran yng telah diturunkan dari pusat dan dipertegas oleh Pemerintah Kota Ambon (Pemkot), pelaksanaan sejumlah kegaitn yang menimbulkan kerumunan juga dibatasi.

“Dan selain itu juga ada kegia­tan kegiatan buka puasa bersama atau kegiatan keagamaan di bulan Ra­madan yang berpotensi menimbul­kan kerumunan massa banyak orang kubu masa itu dapat dilak-sanakan dengan ketentuan pokok kesehatan juga 50% Selain itu dia harus pe­nyelenggara harus menginfor­masikan kepada Satgas tentang ini untuk kita pantau secara bersama,” pungkas Masawoy. (S-52)