AMBON, Siwalimanews – Penjabat Sekda Maluku Sadli Ie melepas ekspor perdana 8,5 ton pala PT Kamboti Rempah Maluku ke eropa.

Disela-sela pelepasan ekspor yang dipusatkan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Sabtu (29/1), Sadli mengaku, ekspor yang dilakukan ini merupakan sebuah prestasi. Ini bukan kerja parsial, orang per orang, namun sebagai sinergitas yang dibangun bersama, sehingga lahirlah suatu keberhasilan.

“Untuk itu saya berharap, semua pihak dapat bersama-sama mendorong masyarakat, untuk memenuhi persyaratan ekspor oleh negara tujuan, Demi mewujudkan apa yang menjadi misi pemda yang dikelola secara bersih, jujur dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap, dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat mendorong semangat, terutama bukan saja petani pala, namun para eskportir dan seluruh pemangku kepentingan, terutama bea cukai yang selalu mendampingi dan memberikan support kepada para eksportir.

“Semoga dengan kerjsama ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan kesejahteraan, walaupun ditengah-tengah pandemi,” harapnya.

Baca Juga: Puluhan Warga Terjaring Razia Kartu Vaksin

Kadis Perindag Maluku Elvis Pattiselano menambahkan, pala yang diekspor PT Kamboti Rempah Maluku ke eropa ini kurang lebih 8,5 ton, dengan kontener senilai Rp1,8 miliar.

“Memang agak sulit mencari 8,5 ton, karena ini pala organik yang terpilih, bukan pala yang diambil sembarangan. Namun pala terpilih benar-benar diselesksi, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan 8,5 ton,” ucapnya.

Ia berharap, semoga ekspor perdana ini akan diikuti oleh ekspor-ekspor berikutnya dari PT Kamboti menembus pasar eropa,” harapnya. (S-51)