AMBON, Siwalimanews – Sejumlah kalangan bangga Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin dipromosikan jadi jenderal  bintang tiga dan dipercayakan jadi Pangkogabwilhan III.

Rektor Universitas Kris­ten Indonesia Maluku (UKIM), Jafet Damamain mengata­kan, selaku masyarakat Ma­luku, dirinya merasa bangga dengan prestasi yang dite­rima Pangdam XVI Patti­mura, Mayjen TNI Jefry Rahawarin yang menda­patkan pangkat baru.

“Sebagai bagian dari mas­yarakat merasa bangga se­bagai seorang putra Maluku yang mendapat penghar­gaan begitu tinggi dari negara khususnya di bidang militer, dimana rekrutmen dan pemberian jabatan le­bih ketat dan tebatas, sehi­ngga  diangkatnya pak Jeff­ry Rahawarin Katong men­dukung,” ungkap Dama­main saat diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (4/8).

Menurutnya, pangkat dan jabatan baru yang diterima Rahawarin mem­berikan rangsangan bagi masyara­kat Maluku, sebab dengan kondisi yang ada menunjukkan putra Ma­luku masih memiliki kualitas yang mumpuni.

“Menjadi motivasi bagi anak muda yang sementara belajar dan berjuang untuk optimis kedepan dan mudah-mudahan ini bukan jabatan terakhir agar ada peluang-peluang kedepan yang bisa diemban,” tegasnya.

Baca Juga: November, PLTS Terapung Cirata Beroperasi

Jadi Motivasi

Di tempat terpisah, Ketua MUI Provinsi Maluku, Abdullah Latuapo turut merasa bangga atas kenaikan pangkat yang sudah diterima oleh Jeffry Apoly Rahawarin.

Menurutnya, kenaikan pangkat yang diterima merupakan sebuah penghargaan yang luar biasa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat

Kata dia kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (4/8) de­ngan kenaikan pangkat ini, Raha­warin dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Seluruh masyarakat Maluku harus bekerja sama terutama dalam menjaga situasi dan kondisi tetap aman,” ujarnya.

Ia berharap, dengan kenaikan pangkat yang diterima Jeffry Apoly Rahawarin akan tetap memberikan motivasi untuk lahirny putra -putra Maluku terbaik.

Hal yang sama juga diungkapkan, sekretaris MUI Maluku, Abdul Ma­nan Latuconsina. Ia turut memberi­kan apresiasi dan rasa syukur atas tambahan bintang yang diraih Rahawarin.

“Masyarakat Maluku harus ber­syukur memiliki putra daerah terbaik yang sudah mendapatkan tiga bin­tang.” katanya.

Menurutnya, Provinsi Maluku juga ternyata bisa berbuat lebih untuk kemaslahatan  masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan 3 bintang ini bisa melakukan sesuatu bagi masyarakat Maluku dan dan tentu bagi nusa dan bangsa,” harap­nya sembari menambahkan, semoga apa yang dicapai ini dapat mem­bawa Maluku menjadi lebih berkembang dan maju.

Selain itu, tokoh agama Katolik, Pastor Benhard Rahawarin meng­ungkapkan, tentunya ada ungkapan syukur ketika Pangdam XVI Patti­mura telah dinaikan pangkatnya .

“Kami bangga atas kenaikan pangkat termasuk sangat cepat dalam waktu hampir beberapa bulan saja ini sebuah pencapaian yang luar biasa sebab beliau adalah sosok yang selalu melakukan sesuatu hal dengan ketulusan,” ucapnya kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (4/8).

Kenaikan pangkat ini bukan hanya sekedar sebuah pencapaian, katanya, tetapi ini sebuah tanggung jawab besar yang Tuhan berikan.

“Dan karena itu berasal dari Tuhan sehingga harus bersyukur karena  masih berkenan memberikan rahmatnya beserta tanggung jawab ini kepada Jeffry Apoly Rahawarin,” katanya.

Ia berharap, semoga dengan ke­nai­kan pangkat  dari Pagdam XVI Patti­mura dapat memberikan sema­ngat bagi Putra-putra Maluku untuk berjuang.

Akademisi Fisip UKIM, Ongky Samson mengatakan sebagai masya­rakat Maluku pihaknya bangga dengan capaian yang diterima putra Maluku.

“Kalau masyarakat Maluku diper­cayakan memangku jabatan yang tinggi maka kita bangga,” ujar Samson.

Dia berharap dengan capaian yang ada dapat menjadi motivasi bagi anak daerah agar memperoleh prestasi yang sama.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Alimudin Kolatlena meng­ap­resiasi capaian prestasi Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Jefry Rahawarin sehingga telah menda­patkan kenaikan satu bintang lebih tinggi.

Hal ini menjadi kebanggaan bagi Maluku ketika negara memper­caya­kan jabatan dan pangkat kepada anak daerah. “Ini menjadi kebang­gaan bagi Maluku,” ungkap Ali­mudin.

Dirinya berharap dengan adanya kenaikan pangkat Pangdam maka harus menjadi motivasi bagi masya­rakat Maluku.

Kebanggaan Warga

Pengamat Sosial, Nataniel Elake mengatakan penambahan satu bintang di pundak Pangdam menjadi kebanggaan bagi Maluku.

“Dengan prestasi yang ada maka menjadi kebanggaan bagi masyarakat Maluku ketika Pangdam yang juga anak daerah mendapatkan hal itu,” ungkap Elake.

Menurutnya, jabatan yang baru merupakan bentuk kepercayaan negara terhadap anak Maluku sehingga secara tidak langsung menjadi kebanggaan bagi Maluku.

Karena itu, dengan pangkat dan jabatan yang baru dapat lebih memperhatikan masyarakat Maluku ke depan.

Berikan Kontribusi Positif

Ketua DPD KNPI Maluku, Faisal Saihitua mengatakan kenaikan pang­kat Pangdam XVI Pattimura dari Ma­yor Jenderal menjadi Letnan Jen­deral merupakan salah satu keba­nggaan masyarakat Maluku.

“Ini suatu kebanggaan bagi Malu­ku dan selaku Ketua DPD KNPI Maluku menyampaikan selamat dan sukses atas posisi baru,” ungkap Faisal.

Menurutnya, prestasi Pangdam XVI Pattimura memberikan kontri­busi yang positif kepada masyarakat Maluku bukan hanya di Kota Ambon tetapi hingga ke pelosok daerah.

Bertambahnya pangkat Pangdam XVI Pattimura telah menambah daf­tar orang Maluku yang menduduki jabatan tinggi TNI AD.

Faisal berharap, kebanggaan yang lahir dapat menjadi energi po­sitif dan dapat memberikan sesuatu yang terbaik bagi masyarakat

Prestasi

Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Maluku, Heppy Leonard Lelepary mengatakan, ber­tambahnya satu bintang di pundak Pangdam XVI Pattimura merupakan kebanggaan bagi Maluku. “Beta kira itu prestasi dan keba­nggaan bagi Maluku,” ungkap Lelepari.

Capaian yang telah diterima Pang­dam, kata Lelepary telah menjadi ruang motivasi bagi perwira karir asli Maluku khususnya generasi muda untuk mengikuti jejak Pangdam.

Menurutnya, dari peta distribusi TNI, Panglima TNI dan Menko­polhukam telah memberikan peng­hargaan yang cukup tinggi sehing­ga harus menjadi motivasi bagi masyarakat Maluku.

Tak hanya itu, dengan bertam­bahnya bintang kepada Pangdam XVI Pattimura maka secara tidak langsung negara sudah sangat adil terhadap Maluku.

Sama halnya juga dengan Ketua GMKI Cabang Ambon, Josias Tiven. Ia mengungkapkan, sebagai masya­rakat Maluku, tentunya sangat ba­ngga karena salah satu putra terbaik Maluku dipercayakan dan di angkat sebagai Pangkogbwilhan III.

“Ini merupakan prestasi anak asli Maluku dan harus di apresiasi,” katanya.

Meskipun jabatan sebagai pang­dam hanya 5 bulan, namum  Jeffry Rahawarin  menjalankan tanggung­jawab itu dengan sangat baik.

“Salah satunya yaitu perhatian beliau pada dunia pendidikan di Maluku, sehingga di cetuskan program Kelasku yang bisa digunakan siswa/siswi untuk membantu dalam proses belajar, serta merintis berdiri­nya rumah atau walang belajar di Desa Kanike dan Huaulu di Seram Utara,” tuturnya.

Masih kata Tiven, hal ini menjadi motivasi, dorongan serta semangat untuk kedepannya Maluku terus melahirkan putra/putri terbaiknya dalam berbagai macam bidang.

“Hal ini tentu di dukung dengan Pemerataan Infrastruktur pendidi­kan, sehingga dapat melahirkan SDM yang berkualitas dari berbagai daerah di Maluku. Ini menjadi PR Pemerintah Provinsi Maluku,” ujarnya. (S-50/S-51)