MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua resmi mencanangkan program vaksinasi Covid-19 di kabupaten itu. Pencanangan dipusatkan di RSUD Masohi, Rabu (27/1) pagi.

Bupati dalam arahannya mengatakan, momentum vaksinasi sangat penting untuk melindungi kekuatan tubuh secara menyeluruh dari Covid-19 yang secara otomatis akan berdampak pada kehidupan normal, dimana dengan demikian dampak kestabilan ekonomi serta aktivitas masyarakat akan kembali membaik.

“Pak presiden, pejabat kementrian dan kepala daerah telah divaksin beberapa waktu lalu. Ini menunjukan vaksin aman. Apalagi BPOM dan MUI telah mengeluarkan jaminan keamanan kesehatan dan kehalalan vaksin. Olehnya masyarakat jangan terlalu risau dan percaya dengan informasi hoax yang terus digulirkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ucap Bupati.

Dikatakan, pencanangan vaksinasi yang dilakukan ini harus ditindak lanjuti di seluruh wilayah Malteng. Hal ini agar sampai dengan tahap berikutnya dapat dipastikan Maluku tengah bisa keluar dari himpitan masalah Covid 19 serta yang akan kembali memicu kehidupan normal seperti semula.

Baca Juga: Belum Bayar Honor Satpol, Polisi Periksa Bendahara

Pantauan Siwalimanews di RSUD Masohi, terlihat selain bupati dan wabup, para pimpinan forkopimda dan OPD juga hadir. Namun Bupati Tuasikal Abua dan Wabup Marlatu Leleury serta beberapa pimpinan forkopimda dan OPD tak bisa divaksin karena hasil screening kesehatan, mereka belum penuhi syarat, seperti umur dan tekanan darah serta riwayat penyakit tertentu.

Pada vaksinasi tahap pertama ini, beberapa jurnalis yang bertugas di wilayah Malteng juga ikut divaksin, bersama dengan 3 pimpinan OPD yakni Kadis PU Josman Pabissa, Kadis Kesehatan Jenny Adijaya, Kadis Perikanan Samsul Ma’arif dan Kadis Pendapatan Bob Rahmat.

Sedangkan Kapolres Malteng AKBP Rosita Umasugi menjadi satu satunya pimpinan forkopimda yang divaksin dalam pencanangan perdana. (S-36)