AMBON, Siwalimanews – Penjabat Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD menyampaikan sejumlah capaian dan keberhasilan pemerintah saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Senin (22/5).

“Hal ini sejalan dengan pencabut status darurat kesehatan global untuk Covid-19 yang perlu bersyukur bersama karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid-19.

“Hal ini menjadi momentum, untuk memaknai harkitnas ke-115 sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi,” ujar Mahfud dalam sambutan yang dibacakan oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena saat mengelar upacara peringatan Harkitnas di balai kota.

Selain itu lanjutnya berdasarkan data BPS menunjukan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31 persen, jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70 persen. “Bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019,” Ungkapnya.

Sementara itu perayaan yang sama juga digelar di Kabupaten Maluku Tengah. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahte­raan Rakyat Setda Malteng yang mem­-ba­cakan sambutan Menkominfor mengaku pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03 persen.

Baca Juga: Angkot Kudamati Terbalik di Hukurila, 1 Tewas 17 Luka

“Ini menunjukkan performa yang lebih baik, dari periode Triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 persen. Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahan­kan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, harkitnas juga dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bah­-kan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan bersama.

MBD Juga Gelar

Peringatan Harkitnas juga digelar di lingkup Pemkab Maluku Barat Daya. Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol Inf Galih Perkasa dipercayakan sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutan Menkominfo yang dibacakan dandim, ia menjelaskan kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional.

Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20.

Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bang­kit di tingkat dunia dengan mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”, ujarnya.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia lanjut Menkominfo, terus berlanjut dengan keke­tuaannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu. Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pascapandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. (Mg-1/1S-17/Mg-2)