AMBON, Siwalimanews – Hujan sedang yang terjadi di Kota Ambon dan seki­tarnya mengakibatkan terjadi longsor pada dua lokasi ber­beda dan menghantam dua unit rumah menjadi rusak

Longsor terjadi di Kelu­rahan Batu Meja dan menim­pah satu unit yang didalam­nya terdapat lima jiwa.

Selain itu, akibat longsor juga mengakibat satu unit rumah di Kelurahan Hative Kecil satu kepala keluarga dengan tujuh jiwa.

Demikian diungkapkan, Pelaksana tugas Badan Pe­na­nggulangan Bencana Dae­rah Kota Ambon, Fahmy Sa­latalohy dalam rilisnya kepada Siwalima, Selasa (3/10).

Selain itu, di Kecamatan Nusaniwe longsor terjadi di Kelurahan Wainitu yang dialami satu  kepala keluarga dengan empat jiwa dan Kelurahan Mangga Dua dengan 2 kepala keluarga dengan tujuh jiwa.

Baca Juga: Dampak El Nino, Polri Bantu Salurkan Air Bersih

Salatalohy mengungkapkan, longsor tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 waktu dini hari pasca curah hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur sebagian besar wilayah Kota Ambon.

“Akibat dari kejadian itu, akses jalan raya dan rumah warga terancam longsor di kawasan Kelurahan Mangga Dua sempat terganggu, karena tanah longsor menutupi sebagian jalan raya. Beruntung tidak ada korban jiwa dan korban kini mengungsi di rumah kerabat,”ujarnya.

Terkait dengan upaya yang dilakukan BPBD lanjut Salatalohy, pihaknya telah  menyerahkan bantuan logistik bersifat darurat berupa terpal uk. 4×6 sebanyak 1 buah, karung sebanyak 25 lembar kepada keluarga Fredy Pentury RT/RW 002/001 di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe.

“Bantuan terpal juga diberikan kepada keluarga Jondry Talane RT/RW 002/001 Kelurahan Mangga Dua, Kepala keluarga Melda Leleury RT/RW 002/005 di Kelurahan Batu Meja, kepada keluarga La Ode Nasrudin RT/RW 001/006 Kelurahan Hative Kecil,” urainya.

Selain itu, juga diberikan bantuan berupa Kasur Spons (1 buah), tikar gulung (1 buah), bantal kepala (1 buah), Bra (2 buah), pakaian dalam wanita (3 buah), pakaian dalam wanita (2 buah), pakaian dalam pria ukuran L (3 buah), pakaian dalam pria uk. M (3 buah), handuk (2 buah), pakaian seragam SD untuk anak pria (1 pasang), selimut (1 buah), pepsodent (2 buah), sikat gigi (2 buah), sabun mandi (2 buah) kepada keluarga Thufail A Biarno RT/RW 001/013 Negeri Batu Merah. “Lokasi longsoran di jalan raya sudah dibersihkan oleh warga setempat. Dan warga sudah menutupi bekas longsoran dengan menggunakan terpal yang diberikan sebagai tindakan darurat pencegahan longsor susulan,”ujarnya. (S-25)