AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon melaksanakan lomba mural. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kota Ambon ke-445. Lomba yang bertemakan “Ambon Sehat”, itu resmi dibuka Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, di kawasan Museum Siwalima, Kamis (17/9).

Pada kesempatan itu, Hadler mengata­kan, lomba Mural diikuti 53 peserta dari berbagai kalangan ini bertujuan agar masyarakat lebih mencintai lingkungan­nya. “Saya berharap, kepada seluruh peserta agar lewat kegiatan ini, mas­yarakat bisa menjadikan hasil karya mereka sebagai bahan edukasi, dalam menerapkan cara hidup yang bersih dan sehat, “ paparnya.

Hadler juga mengatakan, peran peserta lewat lomba Mural tersebut, agar menjadi pahlawan kesehatan, ditengah situasi pandemi Corona, melalui hasil karyanya. Dimana tambah Hadler apabila hasil karyanya dapat menghipnotis banyak orang, untuk menerapkan cara hidup sehat.

“Mereka (peserta), bisa menjadi pahlawan kesehatan, apabila apa yang dikanvaskan pada dinding, mampu mengedukasikan masyarakat untuk tetap taat dan patuh, dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes),” jelasnya.

Ditambahkan Hadler, ide dan gagasan inovatif dari para peserta lomba tersebut, sangat dibutuhkan untuk memberi pengaruh besar pada mindset atau pola pikir dari setiap masyarakat dan melihat karya seni tersebut.

Baca Juga: Cegah Covid, Mako Brimob Diperketat

“Kota ini sudah manis, jadi kita harus terus menjaga dan harus semakin mem­buat kota ini lebih manis lagi, “jelasnya.

Diakui, lomba Mural yang dilakukan pihaknya, memiliki kesamaan dengan kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, yakni gerakan 11 September sebagai Hari Kalesang Negeri.

“Gerakan 11 September yang telah dica­nangkan Gubernur Maluku, Murad Ismail, juga akan melakukan penge­catan terhadap kawasan Ruku Batu Merah, serta Terminal Mardika. Ini tu­juannya sama, yakni mempercantik kota kita, agar siapa saja suka melihatnya, “ ujar Hadler. (Mg-6)