AMBON, Siwalimanews – Museum Musik direncanakan akan dibangun di lokasi Benteng Victoria.Setelah Pemkot Ambon mengambil alih lokasi tersebut, kawasan Benteng Victoria akan dijadikan cagar budaya nasional dan harus dipelihara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Richo Hayat kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (14/10) menjelaskan, lokasi Banteng Victoria akan dimanfaatkan sebagai Amfiteater atau tempat pertunjukkan seni, dan juga sebagai destinasi pariwisata yang berkaitan dengan budaya.

“Selain dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata, Benteng Victoria Ambon juga dapat dimanfaatkan untuk pertunjukan seni dan budaya,” kata Hayat.

Hayat mengatakan, pemanfaatan cagar budaya tersebut sebagai amfiteater, sejatinya adalah permintaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio.

“Dalam pertemuan dengan Walikota Ambon, beberapa waktu lalu di Jakarta, pak menteri menyarankan agar bisa difungsikan seperti itu, sebab Benteng Victoria merupakan cagar budaya nasional, “ ungkapnya.

Baca Juga: Kapolresta Akui Tim Asistensi tak Temukan Penyimpangan

Hayat menuturkan, pemanfaatan Benteng Victoria sebagai amfiteater, bukan tanpa alasan. Ada pertimbangan-pertimbangan dari Menteri Pariwisata seperti melihat Ambon dari sisi kota musik dunia.

“Pemanfaatan ke amfiteater agar bisa dilakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat nasional ataupun internasional, mengingat Ambon juga merupakan kota musik dunia, “ jelas Hayat.

Ditambahkannya, Benteng Victoria Ambon akan dibuat terpadu dalam segi pemanfaatan atau fungsinya. “Kementerian telah mendukung aset Benteng Victoria dikelola Pemkot Ambon. Jadi didalam sana sudah ada budaya sejarah bahkan bisa juga sebagai tempat seni skala nasional dan internasional,” beber Hayat. (Mg-6)