AMBON, Siwalimanews – Gelandangan pengemis atau biasa disebutkan dengan istilah gepeng dan anak jalan semakin tumbuh subur di Kota Ambon.

Mereka tersebar dibeberapa titik, seperti kawasan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) depan Maluku City Mall (MCM), AY Patty, dan di area publik, seperti lampu merah, bawah JMP, depan Amplaz dan beberapa titik lainnya di jalanan Kota Ambon.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengatakan, kedepan pihaknya akan intensifkan kegiatan patroli terhadap gepeng dan anak jalanan di Kota Ambon.

“Saya sudah intruksikan kepada petugas untuk intensifkan patroli terhadap keberadaan mereka,”ujarnya kepada wartawan di Ambon, Selasa (16/1). razia rutin. Bahkan pada Senin kemarin ditemukan sebanyak 9 anak jalanan.

“Senin kemarin kita amankan ada 9 anak jalanan dan telah dilakukan pembinaan. Jadi memang mereka menempati area publik untuk meminta perhatian dan belas kasihan orang. Tapi setelah dikroscek tidak semuanya warga Kota Ambon, ada beberapa yang dari daerah lain di Maluku,” katanya

Baca Juga: Pemprov Belum Selesaikan Anggaran Pilkada

Untuk meminimalisir jumlah gepeng dan anak jalanan di Kota Ambon, lanjut Sirjohn, pihaknya akan terus melakukan patroli dan razia.

Sirjhon mengakui, keberadaan gepeng dan anak jalanan memang cukup menggangu kenyamanan warga di Ambon.

“Makanya kami intensifkan razia dan patroli untuk meminimlisir bertambahnya jumlah mereka,” ujarnya. (S-25)