AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku terus berupaya untuk melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder guna mencari solusi menekan, pernyebaran virus corona di Maluku yang terus meningkat tajam.

Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury mengatakan, bila melihat perkembangan kasus pasien Covid-19 dua minggu belakangan ini, dapat dikatakan benar-benar merisaukan atau menggelisahkan hati baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

Penyebaran Covid-19 yang terjadi saat ini, tutur Wattimury tidak hanya dilihat dari pasien terpapar yang semakin bertambah, tetapi juga harus dilihat dari wilayah  penyebaran yang bukan hanya terpusat di Kota Ambon saja, melainkan telah mencakup wilayah kabupaten dan kota lain di Provinsi Maluku.

Salah satu solusi yang perlu dilakukan pemerintah daerah untuk mengatasi dan menekan penyebaran Covid-19 adalah, dengan menegakkan sikap disiplin dari masyarakat dengan cara wajib laksanakan anjuran pemerintah.

“Saat ini Pemda perlu ambil sikap tegas disiplinkan masyarakat dan itu wajib,” tegas ketua Wattimury saat diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (1/6).

Sejak awal DPRD Maluku selalu meminta masyarakat untuk disiplin mengikuti anjuran pemerintah dan gugus tugas, sebab hanya dengan disiplin masyarakat menjadi kunci dari upaya potong pele corona.

Namun, akui Wattimury, dari sejumlah fakta yang terjadi ternyata banyak masyarakat Maluku yang tidak disiplin dan bersikap acuh tak acuh serta masa bodoh.

Olehnya itu, selaku pimpinan lembaga perwakilan rakyat, Wattimury meminta gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku maupun gugus tugas kabupaten dan kota, serta pemerintah setempat untuk dapat secepatnya berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri agar dapat mendisiplinkan masyarakat dalam menghadapi penyebaran virus corona.

“Saya minta kepada gugus tugas provinsi, gugus tugas kab/kota serta pemda kab/kota  berkoordinasi dengan TNI dan Polri agar perilaku masyarakat hadapi corona harus disiplin,” tandas Lucky.

Wattimurry sangat berharap, melalui pelibatan pihak TNI dan Polri maka sikap tegas harus dijalankan dan tidak ada pilihan lain untuk saat ini. Dengan demikian, sewan tetap mendukung langkah tegas seperti ini supaya semua tatanan kehidupan dapat kembali seperti sediakala. (Mg-4)