BULA, Siwalimanews –  Anggota Komisi VI DPR Hendrik Lewerissa, kembali menyuarakan persoalan kelistrikan di Maluku, termasuk di Kecematan Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan beberapa kecamatan di Maluku, dimana sejak Indonesia Merdeka sampai sekarang ini, masyarakat belum menikmati penerangan listrik dari PT PLN.

“Cacatan saya sebagai wakil rakyat dari Maluku pak direktur PLN, ada beberapa kecematan di Maluku, terutama di Kecematan Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur, itu ada 24 desa dan 23 dusun, dimana sejak Indonesia merdeka sampai sekarang belum tersentuh oleh listrik,” ucap Lewerissa dalam rapat dengar pendapat antara Komisi VI bersama Direktur Utama PLN serta beberapa mitra terkait di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (21/9)

Menurut Lewerissa, apa yang disuarakannya ini, masih sama seperti dengan apa yang dirinya perjuangkan di Komisi VI ketika memberikan persetujuan, terkait usulan BUMN di tahun- tahun kemarin.

Selain Kabupaten SBT ada juga warga di Pulau Dai, dimana dari tiga desa di pulau itu, sama sekali belum ada listrik. Begitupun di Kecematan Warlabobar dan Molomaro di Kecematan Tanimbar, Kabupaten KKT, disana juga ada beberapa desa yang sampai saat ini belum mendapatkan penerangan listrik.

“Saya berharap,  ini juga jadi perhatian pak direktur PLN dan saya berharap, dalam waktu yang dekat ini apa yang saya usulkan bisa menjadi perhatian bapak selaku direktur PLN,” pinta Lewerissa.

Baca Juga: DPRD Tolak Rencana Pergantian Pejabat di Pemkot

Walaupun demikian, Lewerissa yang juga Ketua DPD Gerindra Maluku ini, menyampaikan terima kasih kepada pihak PLN, karna rakyat di Pulau Damar dan Pulau Roma,  akan menikmati penerangan listrik karena mesinnya sudah ada.

Ini patut dismapaikan kepada pihak PLN dalam rapat ini, selain itu apa yang disampaikan pihak PLN dalam rapat ini bahwa, di tahun 2025, diperkirakan 100 persen desa di Indonesia telah dialiri oleh listrik, maka itu berarti semua daerah di Maluku juga.

“Ada pesan tua di Maluku yang di yakini punya kekuatan magis yaitu, siapa bale batu, batu bale dia, siapa ingkar janji, janji makan dia. Tapi saya percaya bapak tidak di makan oleh janji bapak,” ucap Lewerissa.

Lewerissa mengaku, jika dirinya berada dalam posisi sebagai Menteri BUMN, maka saya akan berpikir untuk tetap memempertahakan Direktur PLN saat ini untuk melanjutkannya, karna sebagai wakil dari Maluku, dirinya juga merasakan ada peningkatan elektabilitas yang sangat signifikan.(S-27)