AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi VI DPR RI dapil Maluku Hendrik Lewerissa mendesak PT Pertamina untuk membangun depot BBM di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Desakan anggota Fraksi Gerindra di DPR ini diungkapkan dalam rapat panitia kerja Komisi VI DPR tentang Transisi Energi bersama Jajaran Direksi Pertamina dan PL, Senin (2/10) kemarin.

Lewerissa menjelaskan, persoalan ketersediaan BBM di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal harus diperhatikan, namun faktanya belum ditindaklanjuti oleh Pertamina.

“Tanggal 4 September kebetulan saya punya kesempatan mendampingi pak Menteri Pertahanan berkunjung ke Kabupaten MBD khususnya di Kota Tiakur, disitu tidak ada depot Pertamina,” beber Lewerissa.

Menurutnya, MBD merupakan salah satu kabupaten 3T yang berbatasan langsung dengan Timur Leste dan Australia, dimana distribusi bahan bakar sangat tergantung dari cuaca.

Baca Juga: Ratusan Nakes Gelar Aksi Demo di RSUD Piru

Jika cuaca ekstrim, biasanya pasokan bahan bakar menjadi terhambat dan menimbulkan kesulitan yang tiada tara bagi masyarakat di kawasan 3T.

Karena itu Lewerissa berharap, PT Pertamina dapat membangun depot disana, sehingga dapat menjembatani persoalan BBM di daerah 3T.

“Kalau bisa ada depot Pertamina yang dibangun di MBD sehingga masalah pasokan BBM akibat  pengaruh cuaca ektrim dan tantangan geografis dapat diatasi secara tuntas,” tandasnya.(S-20)