AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Masyarakat dan Desa Kota Ambon, Meggy Martje Lekatompessy mengaku, realisasi Dana Desa (DD) tahap dua bagi bagi seluruh desa mencapai 74,96 persen.

“Dari total 30 desa, sudah 24 desa terealisasi DD-nya, sisa enam saja yang belum,” ungkap Lekatompessy, kepada wartawan, Senin (27/9) kemarin.

Diungkapkan dia, enam negeri yang belum terealisasi DD tersebut yakni, Negeri Soya, Negeri Batu Merah, dan Negeri Latuhalat, Kilang, Hatalai dan Negeri Passo.

“Dan besok (hari ini), rencananya kita akan segera proses realisasi DD tahap dua bagi tiga negeri duluan, yakni Negeri Soya, Negeri Batu Merah, dan Negeri Latuhalat,” ungkapnya.

Dengan direalisasikan kepada tiga negeri tersebut, maka nantinya hanya tersisa tiga desa yaitu Kilang, Hatalai dan Passo yang belum terealisasi DD nya di Kota Ambon, khusus tahap dua.

Baca Juga: Desa Pasinalu tanpa Rumah Kumuh

“Sementara Khusus untuk Negeri Passo, realisasinya itu nanti hanya dua tahap penyaluran saja, karena masuk dalam kategori desa mandiri. Sedangkan yang lain penyaluran DD akan dilakukan tiga tahap,” ungkapnya.

Disinggung mengenai realisasi penyaluran DD tahap satu di Kota Ambon, dia mengaku, hingga saat ini sudah tidak ada masalah lagi, terkait hal tersebut, sebab semuanya telah selesai dilakukan.

“Seperti yang saya katakan tadi, realisasi DD sampai saat ini 74,96 persen. Selu­-ruh desa berjumlah 30 itu telah melakukan penyaluran tahap satu. Sedangkan tahap dua sudah disalurkan ke 24 desa. Jadi sisa enam saja yang belum untuk tahap dua,” tutupnya. (S-52)