AMBON, Siwalimanews – Menjelang dilantiknya Bunda Literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menyelenggarakan lomba mewarnai tingkat TK/PAUD, membaca nyaring tingkat SD dan mengarang tingkat SMP.

Kegiatan ini mengusung tema “Generasi Literat, Genarasi Kreatif, Inovatif, Mandiri dan Berprestasi merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK MBD, Relly A. Noach, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Pembangunan, J. Titirloloby, Pimpinan OPD, Perwakilan Polres MBD, Perwakilan Kodim 1511 Pulau Moa,  Perwakilan Kajari , tim juri serta peserta perlombaan.

Bupati Maluku Barat Daya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Pembangunan J. Titirloloby, menyatakan dalam pelaksanaan tugasnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sementara menjalankan tugas dan fungsinya untuk menjadikan perpustakaan sebagai basis inklusi sosial.

“Membaca sering dianggap sebagai suatu kegiatan yang remeh dan tidak penting, dengan ditambah lagi dengan maraknya dunia digital membuat sebagian orang lebih mudah tertarik pada media sosial dari pada membaca buku yang berisi ilmu pengetahuan,” ingatnya.

Baca Juga: Gedung Gereja Katolik Santo Yoseph Diresmikan

Untuk itu budaya membaca sudah harus dipupuk, dibina dan digemarkan lagi, minat membaca harus jadikan kegiatan positif untuk melatih otak untuk menyerap informasi-informasi terbaik dan benar.

“Sebuah slogan yang sering kita dengar semasa kanak-kanak yakni “buku adalah jendela ilmu pengetahuan”. Ini merupakan hal yang benar karena dengan membaca buku kita dapat  membuka jendela untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita,” terangnya.

Ditambahkan bahwa kegiatan perlombaan yang diadakan meru­pakan stimulan bagi  anak-anak untuk memacu minat membaca.

Untuk itu diharapkan agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dapat membangun sinergitas de­ngan dinas-dinas terkait termasuk Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita MBD untuk mencerdaskan generasi Maluku Barat Daya.

Sementara itu Ketua Tim Pengerak PKK Relly A. Noach menambahkan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah daerah meningkatkan budaya literasi di sekolah dan masyara­kat dalam kegiatan membaca dan menulis.  “Saya berharap semua pihak dapat membantu untuk menumbuhkan dan membangun minat membaca di kalangan anak-anak agar dapat menambah wawasan tentang dunia luar maupun  dilingkungan sekitar kita,” ucapnya.

Diakhir sambutan Relly mem­beri motivasi dan semangat ke­pada para peserta agar tetap semangat dan meningkatkan pres­tasi serta menunjukan sportifitas dalam perlobaan. (S-39)