AMBON, Siwalimanews – DPRD Kota Ambon memastikan warga kota masih kekurangan air bersih yang sampai saat ini belum dapat dicukupi.

Guna mencukupi ketersediaan air bersih, DPRD meminta kepada PT. Dream Sukses Airindo (DSA) Ambon menyediakan sumur bor guna memenuhi permintaan masyarakat.

“Kita sudah koordinasi dengan selaku mitra DSA dan mereka mengaku soal ketersediaan sumber air,” terang Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw kepada wartawan di kantornya, Senin (27/11).

Selain itu juga ada laporan yang masuk ke DPRD, terkait soal pasang baru air yang bersumber dari DSA.

“Pengajuan pemasangan baru sudah dilakukan dan pembayaran kepada petugas lapangan, namun proses pemasangan yang tidak kunjung dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga: Umat Katolik Rayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam

Dari hasil koordinasi juga diketahui jumlah masyarakat meningkat tetapi tidak diikuti dengan ketersediaan air bersih yang cukup

“Jadi memang harus disiapkan sumur bor. Karena frekuensi pendistribusian air kepada masyarakat terus meningkat, sementara air yang dia punya itu tetap,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentu saja butuh investasi, dana yang besar.

pihaknya juga meminta agar DSA juga tidak memberikan jami­-nan soal pemasangan-pemasangan air baru, dengan menerima segala bentuk administrasi biaya dan lain sebagainya.

“Mengingat air merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Pemkot juga melihat ini. Apalagi ini menyangkut dengan standar pelayanan minimal,” tegasnya.

Kondisi ini juga tidak saja dialami oleh DSA, tetapi juga Perumda PDAM olehnya dibutuhkan investasi.

Oleh karena itu, ia berharap Bappekot ambon dapat merancang anggaran anggaran mengatasi kendala itu. (S-25)