AMBON, Siwalimanews – Satuan Latihan (Satlat) Tarung Derajat  di SD Negeri 10 Ambon mulai mengelar latihan perdana bagi para murid.

SD Negeri 10 Ambon telah menjadikan olahraga bela diri asli Indonesia ini sebagai salah satu mata pelajaran ekstra kurikuler.

Para siswa diasuh oleh pelatih Fitha Jamlean dan Maikel Kay itu terdiri dari 9 atlet putra dan 1 atlet putri dan disaksikan langsung oleh para orang tua.

Ketua Harian Tarung Derajat Pengprov Kodrat Maluku Dominggus Jotlely kepada Siwalima disela-sela upacara Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (9/9) mengaku, optimis Satlat SDN 10 dibawah pelatih Fitha Jamlean dan Maikel Kay, akan maju dan berkembang.

“Saya optimis Satlat SDN 10 akan maju dan berkembang, bahkan akan melahirkan bibit-bibit atlet Tarung Derajat masa depan Maluku dari sini,” ungkap Jotlely.

Baca Juga: Pangdam Hadiri Upacara Hari Olahraga Nasional

Rasa optimis Jotlely itu disampaikan, lantaran saat latihan perdana hujan sempat turun, namun tidak menyurutkan niat anak-anak ini untuk tetap berlatih.

Bahkan lanjutnya orang tua dari murid yang juga hadir menyaksikan anak-anak mereka berlatih. Bukan hanya itu, para siswa dari SD tetangga mereka pun ikut menyaksikan latihan itu dan menyatakan kesediaan mereka untuk ikut bergabung dalam latihan tersebut.

“Ada salah satu orang tua yang anaknya ikut latihan sampaikan buat saya, anaknya ikut latihan karena salah satu pamannya yang juga anggota elit Kopassus bertugas di Bandung berpesan, agar keponakannya itu harus ikut latihan Tarung Derajat, karena olahraga ini bukan untuk latihan otot semata, tetapi juga mental anaknya,” ucap Jotlely.

Dirinya optimis, apa yang telah ditorehkan para pelatih dan Pengrus Provinsi Kodrat Maluku saat ini, akan membuat Tarung Derajat semakin diminati oleh masyarakat luas di Kota Ambon, maupun di Maluku secara keseluruhan. (S-06)