AMBON, Siwalimanews – Lembaga Seni dan Qasidah Kota Ambon menggelar Festival Seni Budaya Islam dan pemilihan duta Qasidah tingkat Kota Ambon tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Islamic Center, Selasa (17/10).

Penjabat Walikota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse mengatakan, Lasqi sebagai lembaga seni keagamaan, memiliki tanggungjawab besar dalam pembinaan, pengembangan dan peningkatan mutu seni qasidah di Kota Ambon.

“Pelestarian dan pengembangan qasidah sebagai media dakwah dan syiar Islam melalui seni budaya, turut memiliki andil dakam mendukung visi dan pengembangan Ambon City of Musik. Apalagi, festival kali ini semakin semarak karena turut melombakan tarian samrah dan hadrat sebagai bagian dari kekayaan Islam yang perlu dilestarikan,” ujar walikota.

Oleh karena itu, atas nama pemerintah kota, walikota menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut.

Menurutnya, ini sebagai bagian atas komitmen dan konsistensi Lasqi dalam melestarikan seni budaya Islam melalui festival dan pemilihan duta  qasidah ini.

Baca Juga: Mantan Ketua IDI Maluku Dihukum 3 Tahun Penjara

Dengan semangat kompetisi ini, juga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi anak-anak dan remaja sebagai generasi penerus bangsa agar terus mengenal dan mendalami serta mengembangkan seni budaya Islam di Kota Ambon.

Walikota juga berharap, Lasqi dapat melakukan pembinaan dan selalu memberikan edukasi tentang nilai-nilai positif dari seni budaya Islam ini agar bisa beradaptasi dan tidak tertinggal dengan pengembangan seni modern saat ini.

“Yang terpenting, ini sebagai wadah untuk silaturahmi demi memperkokoh kesatuan dan persatuan dalam semangat ukhuwah dan islamiah,” harap walikota.(S-25)