AMBON, Siwalimanews – Menjelang kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, banyak persiapan telah dilakukan oleh berbagai pihak, tak terkecuali Kodam XVI Pattimura.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen Ruruh A Setyawibawa yang telah berada di Kota Saumlaki beberapa hari lalu, hari ini, Rabu (31/8) menghadiri apel gelar pasukan pengamanan VVIP di Lapangan Mako Yonif 734/ SNS yang dipimpin Gubernur Maluku Murad Ismail.

Apel gelar pasukan tersebut digelar bertujuan untuk mengecek kesiapan operasional, baik personel maupun materiil, dengan harapan saat pelaksanaan nanti dapat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan itu, Pangdam minta agar semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan tugas di lapangan dapat menjaga kekompakan dan soliditas, menjalin komunikasi yang baik dengan unsur terkait sesama aparat keamanan lainnya secara harmonis dan terpadu.

Mantan Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN ini juga minta agar, dalam melaksanakan tugas secara bijak serta hilangkan keraguan yang dapat mengakibatkan kegagalan.

Baca Juga: Disperindag: Keterlambatan Distribusi dari Agen, Penyebab Kelangkaan Mitan

“Pedomani protap- protap penyelenggaraan pengamanan VVIP, hindari resiko sekecil apapun. Ambil tindakan tegas sesuai prosedur terhadap pihak- pihak tertentu yang nyata-nyata mengganggu stabilitas keamanan dan keselamatan objek pengamanan VVIP, ” pinta Pangdam.

Gubernur disela- sela apel itu juga,  minta dukungan seluruh pihak agar kunjungan presiden dapat berjalan dengan lancar.

“Hari ini apel kesiapan pasukan sudah jelas, kami mohon bantuan, mohon doanya agar kunker Pak Presiden ini tidak ada permasalahan apapun, tidak ada hambatan,” harap gubernur.

Sementara itu, Brigjen Muhamad Muchidin yang bertindak selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgaspamwil) menambahkan, pasukan pengamanan yang diterjunkan untuk pengamanan sebanyak 2.576.

“Sebanyak 2576 pasukan yang terlibat berasal dari TNI, Polri juga dari pemda. Untuk lokasinya, di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan di Kota Ambon. Kita bagi karena direncanakan akan ada beberapa sasaran kunjungan,” jelas Dansatgaspamwil.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan PAM VVIP, Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, Danlantamal IX Ambon Brigjen Said Latuconsina, para pejabat utama TNI dan Polri, para asisten Kasdam XVI Pattimura dan para Kabalak, serta para pimpinan forkopimda KKT. (S-06)