SAUMLAKI, Siwalimanews – Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Saumlaki mengelar apel memperingati hari ulang tahun ke Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) ke-1 yang di pusatkan di Mako Lanud IG Dewanto, Senin (30/1).

Apel dipimpin oleh Danlanud Letkol Pas Yohanes M. Paulus, itu diikuti oleh seluruh personil Lanud baik Perwira, Bintara, dan Tamtama.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlanud Saumlaki itu mengucapkan selama ulang tahun pertama kepada Koopsudnas.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, selaku Kepala Staf Angkatan Udara, saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada segenap keluarga besar Koopsudnas,” kata Kasau.

Dirinya juga berharap kedepan Komando Operasi Udara Nasional dalam mengemban tugasnya lebih profesional sebagai wujud kekuatan udara.

Baca Juga: Pantai Siwalima Dobo Penuh Sampah

“Saya berharap agar Koopsudnas semakin kuat dan profesional dalam mewujudkan kekuatan udara nasional yang tangguh,” ujar Kasau.

Selanjutnya Kasau menyampaikan beberapa pesan kepada segenap jajaran Koopsudnas untuk dipedomani yakni pertama Koopsudnas harus dapat menunjukkan kapabilitas dalam aspek intelligence, surveily, dan reconnaissance.

Kedua, tingkatkan terus sinergi komando dalam seluruh unsur kekuatan Koopsudnas. Ketiga, pertajam terus kemampuan tempur satuan-satuan, utamanya pada kualitas sumber daya manusia dari para prajurit kombatan Koopsudnas.

Keempat, Koopsudnas harus menjadi pelopor dalam mendorong peningkatan kemampuan tempur udara, melalui berbagai penguasaan taktik dan strategi pertempuran modern. Terakhir, Kasau mengingatkan kembali kepada seluruh prajurit Koopsudnas untuk senantiasa mengutamakan faktor keselamatan dalam menjalankan tugas.(S-26)