AMBON, Siwalimanews – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo Senin (27/7), meninjau sejumlah proyek infrastruktur di Maluku.

Sejumlah proyek yang ditinjau yakni rehabilitasi pasar apung Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabu­paten Malteng, dan rehab RSUD dr. Ishak Umarella juga di Desa Tulehu.

Selain itu rehabilitasi sejumlah ge­dung di kampus IAIN Ambon, serta proyek rehabilitasi belasan sekolah yang ambruk akibat gempa 26 September 2019 baik di Ambon, Kabu­paten SBB maupun Kabupaten Malteng.

Mantan Bupati Jayawijaya dua periode ini tidak sendiri dalam me­lakukan peninjauan. Ia didampingi oleh sejumlah Dirjen di Kementrian PUPR, Asisten III Bidang Pereko­nomian dan Pembangunan Setda Maluku Ismael Usemahu,  Kepala Dinas PUPR Maluku Muhammat Marasabessy.

Orang kedua di Kementerian PUPR ini mengaku kalau kedatangan dirinya ke Maluku merupakan tin­daklanjut dari surat yang dilayang­kan oleh Pemerintah Provinsi Ma­luku yang mana akibat gempa sejumlah fasilitas rusak berat.

Baca Juga: Pemprov akan Surati 4 Kabupaten Cairkan Anggaran Pilkada

“Karena ada memberlakukan PSBB di Ambon, kunjungan baru dilakukan sekarang.  Nah sekarang momentum tepat. Kita datang juga bersamaan dengan mulai diope­rasionalkan RSUD Ishak Umarela, RSUD ini sudah tuntas pekerjaan 100 persen,” ujar  John kepada wartawan di Ambon.

Kunjungan ini dimulai pada reha­bilitasi RSUD dr. Ishak Umarella dan passar Apung Tulehu. Kunjungan di­lanjutkan dengan proyek renovasi pem­bangunan gedung rektorat IAIN dan gedung yang sementara dire­novasi.

Usai melakukan kunjungan, Wa­men PUPR kembali ke hotel untuk beristirahat.

Agenda selanjutnya, wamen dan rombongan akan bertolak ke Kabu­paten Maluku Tengah dan Kabu­paten SBB pada Selasa (18/7).

Di Kabupaten Malteng, Wamen akan meninjau pelabuhan Feri Liang dan fasilitasnya sementara di Kabu­pa­ten SBB, Wamen akan meninjau  Jem­batan Waikaka yang ambruk aki­bat banjir beberapa waktu lalu. (S-39)