MASOHI, Siwalimanews – Ishaka Lestaluhu resmi menjabat sebagai Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Tulehu, setelah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Penjabat Bupati Malteng Muhamat Marasabessy, di lobi Knator Bupati Malteng, Selasa (6/12).  

Pada kesempatan itu bupati minta Lestaluhu agar amanah dan bertanggungjawab serta mampu membangun hubungan kerja sama dengan semua komponen masyarakat, agar tujuan pemerintah dapat dicapai.

“Saya berharap kepada saudara Ishaka Lestaluhu, yang baru saja dilantik untuk dapat menjalankan tugas dengan amanah dan penuh rasa tanggungjawab sesuai dengan sumpah dan janji yang telah diikrarkan tadi, untuk menata dan memajukan Negeri Tulehu, serta membangun kemitraan dengan seluruh komponen yang ada di negeri sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat ke arah yang lebih baik lagi,” pinta bupati.

Bupati juga mengapresiasi terlaksananya pelantikan Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Tulehu yang terlaksana saat itu, sebab baginya, hal itu merupakan manivestasi tata kelola pemerintahan di tingkat negeri atau desa.

“Berkenan dengan pelantikan penjabat negeri yang dilaksanakan saat ini, maka atas nama Pemkab Malteng saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya pelantikan ini, sebab ini merupakan manivestasi tata kelola pemerintahan, khususnya menyangkut pemerintahan negeri yang ada di Kabupaten Maluku Tengah,” ucap bupati.

Baca Juga: Yermias Minta PLN Atasi Masalah Listrik di Larat

Selain meminta agar tetap amanah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, bupati juga minta Lestaluhu agar mampu melakukan terobosan serta berinovasi dan dapat mendukung program pemerintah dengan visi yang ada saat ini.

“Saya sangat berharap saudara dapat mendukung pemkab dalam merumuskan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kedepannya, dengan melakukan terobosan-terobosan yang inovatif, salah satunya melalui terobosan gerakan safari sapa umat yang telah saya lakukan di beberapa kecamatan dan negeri sebagai wujud komitmen Kerja Cepat, Kerja Cerdas dan Kerja Profesional, pemkab,” tandas bupati.

Tak hanya itu, bupati juga mengingatkan Lestaluhu serta seluruh kepala pemerintahan negeri di Malteng agar senantiasa mengelola dana desa sesuai peruntukan.

“Selain itu pula, saya juga ingin mengingatkan bahwa pengelolaan DD maupun ADD yang disalurkan oleh pemerintah pusat dan daerah harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga menghindari penyalahgunaan pengelolaan kedua dana itu,” pinta bupati.

Bupati juga mengingatkan Lestaluhu agar dapat melaksanakan tugas pokok dengan baik, terutama dalam upaya menghasilkan proses pencalonan pemilihan dan pelantikan kepala pemerintahan negeri yang devinitif.

“Selanjutnya mengingat masa jabatan penjabat kepala pemerintah negeri terbatas hanya 6 bulan, maka yang harus menjadi perhatian penting saudara adalah bagaimana tugas saudara dalam mempersiapkan pelaksanaan pilkades, secara cepat dan lancar dengan arif dan bijaksana dalam mengupayakan terlaksananya proses dimaksud sesuai ketentuan yang berlaku,” pesan bupati. (S-17)