AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memperingati Hari Armada RI pada tanggal 5 Desember mendatang, Pangkalan Utama Angkatan Laut IX Ambon menggelar upacara tabur bunga.

Upacara tabur bunga Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Laut (P), Eka Prabawa mewakili Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina yang berlangsung di Dermaga Irian Mako Lantamal IX, Kamis (30/11).

Dalam rilis yang diterima Siwalima menyebutkan, upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan kemudian dilanjutkan dengan  pelarungan karangan bunga oleh Inspektur upacara, penghormatan terhadap para pahlawan.

Dalam sambutanya Danlantamal IX Ambon mengatakan, kegiatan ini penting sebagai bentuk peng­-hormatan kepada para pahlawan yang telah mendarma­baktikan jiwa raganya. “Ini juga sebagai bukti kebesaran jiwa bangsa Indonesia,” katanya.

Selain itu juga memiliki makna penting sebagai catatan dan tong­ak sejarah perjalanan armada dari sejak didirikan oleh para pendahulu.

Baca Juga: Nadiem Janji Perhatikan Kesejahteraan Guru

Yang mana Hari Armada RI ini sebagai perwujudan dari hakikat kekuatan TNI AL yang dibentuk dalam sistem senjata armada terpadu yang meliputi KRI, pesawat udara, pasukan marinir dan pangkalan TNI Angkatan Laut,” tuturnya. (S-25)