AMBON, Siwalimanews – Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda adi Hartanto, mengharapkan Lantamal IX Ambon memaksimalkan pemanfaatan fasilitas Maluku Diving Rescue Center dan Chamber Hyperbaric yang dimiliki, baik untuk prajurit maupun masyarakat.

“Fasilitas tersebut merupakan terapi oksgen yang dapat digunakan untuk memulihkan berbagai macam penyakit, diantaranya dekompresi akibat menyelam,” pinta Pangkoarmada III saat melakukan kunjungan kerja ke Lantamal IX Ambon, kemarin.

Pada kesempatan itu, Pangkoarmada III juga minta agar, pembinaan pangkalan Lantamal IX yang telah terlaksana dengan baik harus dipertahankan dan ditingkatkan, termasuk pemeliharaan dan perbaikan kapal, pembinaan personel dan rekrutmen calon prajurit, pembinaan potensi maritim dan ketahanan pangan.

“Selain itu Lantamal IX juga harus persiapkan dukungan pelibatan pengamanan Pilkada apabila dibutuhkan untuk perbantuan kepada Polda Maluku, maka semuanya sudah siap,” ujarnya.

Sebelumnya, Komandan Lantamal IX Ambon, Laksma TNI Eko Jokowiyono, memaparkan tentang program kerja yang telah dan akan dilaksanakan, antara lain dukungan unsur-unsur operasional TNI AL, operasi keamanan laut sehari-hari secara terbatas, situasi wilayah kerja Lantamal IX dalam keadaan aman dan kondusif, pembinaan personel, dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal.

Baca Juga: Danlantamal IX Ajak Prajurit Tingkatkan Disiplin

Pada kesempatan itu juga, Danlantamal melaporkan berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang dimiliki seperti dermaga, perkantoran, kesejahteraan prajurit dan keluarga, rumah sakit dan balai pengobatan serta fasilitas olahraga.

Usai menerima paparan, Pangkoarmada III bersama para pejabat Lantamal IX dan Guspurla melaksanakan peninjauan secara langsung terhadap berbagai fasilitas yang telah dipaparkan tersebut, termasuk peninjauan kesatrian Lantamal IX di Desa Tawiri.

Hadir dalam pada kesempatan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudi Aviantara dan para pejabat utama Lantamal IX serta Guspurla Koarmada III. (S-21)