AMBON, Siwalimanews – Setelah di hari pertama partai final cabang olaharga karate, kontingen Malteng hanya memperoleh 2 medali perunggu yang disumbangkan Cindy Pasanea dan Arif Pellu di nomor perorangan kata putra dan putri, namun dihari kedua, Sabtu (19/11) masih bertempat di Sport Hall Karang Panjang Ambon, kontingen Malteng berhasil mendulang 2 medali emas dan dua medali perak.

Dua medali emas itu lahir dari karateka Lodewijk Charles Umakpauini yang turun di kelas 75 kg putra dan Elci Toding Rante pada kelas 55 kg putri. Sedangkan dua medali perak disumbangkan oleh Julio Pais pada kelas 60 kg putra dan Theophila Wakole di kelas 61 kg putri.

Sementara di cabor silat, Kontingen Malteng juga berhasil menambah pundi-pundi emasnya, setelah Nur Wahyuni Rumagia dan Eva Silawane kategori seni beregur putri meraih medali perunggu.

Dengan perolehan ini, maka sampai dengan Sabtu (19/11), Kontingen Maluku Tengah untuk sementara meraih 2 medali emas. 2 perak dan perunggu 3, sehingga total medali yang dikumpulkan kontingen ini berjumlah 7 medali.

Sekertaris Kontingen Popmal Malteng N Anakotta mengungkapkan, prestasi yang diraih para atlet karateka ini diharapkan menjadi trend positif bagi Malteng dalam perolehan medali.

Baca Juga:  Pesawat Loin Air Gagal Mendarat di Bandara Pattimura

“Tentu kami patut bersyukur kepada Tuhan, sebab ini semua boleh terjadi atas tuntunan dan kasihNya, karennya kami optimis hal ini dapat menjadi trend positif bagi kami untuk terus menambah pundi-pundi medali,” ucap Anakota, kepada Siwalimanews di Sport Hall Karang Panjang Ambon, Sabtu (19/11).

Keberhasilan atlet karate Malteng kata dia, secara tidak langsung telah memicu semangat para atlet cabang olahraga lainnya yang saat ini masih terus berjuang. Baginya peluang untuk menjadi yang terbaik dalam ajang Popmal IV tahun ini masih sangat terbuka lebar.

“Tentu,keberhasilan anak-anak kami dari cabang karate telah menggelorakan semangat dan motivasi bagi para atlet dari cabang olahraga lainnya. Kami yakin dengan semangat yang kuat dari para atlet, pelatih dan official akan memberikan hasil yang maksimal bagi para atlet untuk terus mengukir prestasi,” tuturnya.

Mantan Kadis Dukcapil Malteng ini mengharapkan, dukungan dan doa seluruh masyarakat Malteng, agar perjuangan para atlet untuk mengharumkan nama Malteng di ajang Popmal IV tahun ini dapat menghumkan nama Bumi Pamahanunusa.

Sementara Ketua Harian Forki Malteng Max Dopeng menambahkan, cabor karate masih berpeluang menambah medali. Pasalnya pertandingan lanjutan di kelas kumite masih terus berlangsung sampai dengan, Minggu (20/11) besok. (S-17)