AMBON, Siwalimanews – Gugus Tugas Provinsi Maluku me­rilis 6 kasus baru positif Covid-19 dari Kabupaten Buru, dan tiga orang dinyatakan sembuh.

Dari 6 kasus baru itu, 4 orang dari karyawan BRI Namlea, 1 tenaga kesehatan, serta 1 OTG yang tadinya hendak ber­pergian ke Ambon.

Sumber terpercaya mengung­kapkan, 4 pegawai BRI yang positif Covid-19 itu terdiri dari dua perempuan inisial UA dan TH, serta dua laki-laki HI dan LMT. Se­dangkan dua lainnya, tenaga kese­hatan perempuan berinisial HL dan satu laki-laki NH.

Nama yang disebutkan terakhir ini, awalnya jalani RDT untuk hendak bepergian ke Ambon. Namun reaktif, sehingga ia diswab dan gagal berangkat. Hasil swabnya positif Covid-19.

Dengan bertambahnya empat pegawai BRI yang positif, maka dari bank plat merah ini sudah 9 orang yang positif Covid-19.

Baca Juga: Brimob Maluku Sterilkan RSUD Haulussy

Kasus pertama di kalangan pegawai BRI ini menimpa TMW, istri dari pegawai BKD Buru, DK, pasien Covid-19 yang kini sedang jalani perawatan di RSUD dr. M Haulussy Ambon. Sedangkan TMW hanya jalani karantina di Balai Diklat Perikanan di Ambon.

Dari tracking rekan kontak TMW di Kantor BRI Namlea, terdapat empat rekannya juga positif Covid-19 yang hasilnya diumumkan tanggal 14 Juni lalu, terdiri dari tiga laki-laki, KF, GT,  dan MW serta satu perempuan berinisial F.

Dengan demikian dari dalam satu kantor BRI di Namlea, sudah 9 orang yang positif Covid-19. Namun  F dinyatakan sudah sembuh sehingga masih tersisa 8 orang.

Jubir Satgas Covid-19 Buru, Nani Rahim kepada wartawan melalui WA group media Covid-19 Rabu malam (24/6), hanya merilis hasil data perkembangan penanganan Covid-19 di Maluku. “Buru tambah 6 kasus baru, 3 orang sembuh,” tulis Nani Rahim singkat.

Ditanya lebih jauh, Nani Rahim turut membenarkan ada tiga yang sembuh, yakni laki-laki RK yang dikarantina di Ambon, serta dua perempuan, satu tenaga kesehatan berinisial SAU dan satu pegawai BRI, berinisial F.

Ketiga orang yang dinyatakan sembuh ini termasuk pasien yang tercepat sembuh di Maluku. Bahkan SAU dan F baru dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 14 April lalu, kemudian diswab lagi tanggal 22 Juni dan hari ini hasilnya sudah diumumkan.

Nani Rahim menjelaskan, tiga rekan kantor F yang sama-sama Covid-19 juga telah diswab ulang. Namun hasil ketiganya masih positif.

Dua orang positif Covid-19 lagi yang ramai digunjingkan di media sosial facebook serta instagram, MAM dan ABK hasil swab lanjutan tanggal 22 Juni lalu juga masih tetap positif.  “MAM dan ABK serta 3 orang BRI masih positif,” ujar Nani Rahim. (S-31)