AMBON, Siwalimanews – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Leitimur Selatan menggelar lomba tingkat II tahun 2023 yang dipusatkan di halaman SMPN 8 Ambon, di Desa Hutumuri, Kota Ambon, Kamis (16/3).

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon Tony Latuheru saat membuka perlombaan itu mengatakan, lomba yang akan berlangsung hingga, Sabtu (18/3) ini, yang dinilai adalah disiplin dan ketrampilan perorangan, kemudian diakumulasikan menjadi ketrampilan beregu.

“Artinya, lomba ini adalah kepentingan regu secara utuh, dan bukan kepentingan perorangan. Kemudian kalau yang tidak ikut lomba tingkat II misalnya, jangan tiba-tiba ada di lomba tingkat III, itu tidak dibenarkan, sebab siapa yang ikut lomba tingkat I dan II, maka dia juga yang harus dipilih ikut dalam lomba tingkat III, IV bahkan V atau nasional, jadi regu itu tidak bisa diubah,” jelas Latuheru.

Pada perlombaan ini juga Latuheru berharap, tidak ada kecurangan dalam lomba ini, untuk itu, para pelatih dan tim penilai harus jujur dan adil dalam penilaiannya. Ini bagian dari didikan sesuai aturan, sebab lomba ini harus benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

“Yang akan dipilih dalam lomba ini adalah dua regu, yakni 1 regu putra dan 1 regu putri untuk nantinya mengikuti lomba selanjutnya di tingkat III. Untuk itu, siapa yang sudah latihan sunguh-sungguh, pasti akan keluar sebagai pemenang. Salah satu yang dinilai awal, adalah bagaimana mendirikan tenda perkemahan masing-masing regu, dimana waktu dan kekompakan tim ituyang dinilai,” tuturnya.

Baca Juga: Komisi III Pastikan Awasi Ketat Program Rumah Layak Huni

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Leitimur Selatan Hans Maitimu mengatakan, ini sebagai momen yang akan memberikan harapan terbaik bagi adik-adik sebagai peserta lomba ketika berhasil menyelesaikan lomba tingkat I di masing-masing gugus depan, hingga pertemuan kembali pada lomba tingkat II ini, akan memberikan prestasi terbaik untuk nantinya akan berlomba lagi ditingkat III yang nantinya akan dilaksanakan di Kwartir Cabang Pramuka Kota Ambon.

“Bahkan untuk tingkat IV nantinya berada dicapaian terakhir, lomba tingkat V atau kwartir nasional. Untuk itu, saya berharap, tetap semangat dalam mengikuti lomba tingkat II ini dengan sportif, semangat yang tinggi dan selalu fokus,” harapnya.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Penyelenggara Tina Sameaputty dalam laporannya menjelaskan, jumlah peserta yang ikut dalam lomba ini sebanyak 5 regu. Jumlah peserta tiap regu berjumlah 8 orang dan didampingi oleh 1 pembina putra dan 1 pembina putri.(S-25)