TIAKUR, Siwalimanews – Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kurikulum merdeka belajar mulai diterapkan di Kabupaten Maluku Barat Daya pada juni nanti.

Persiapan ke arah itu terus dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku melalui pelatihan-pelatihan kepada  guru SMA/SMK di semua kecamatan.

“Kita sementara menyiapkan pelatihan untuk guru. Kemarin di kepulauan Babar. Mereka sudah jalankan kegiatan persiapan terkiat kurikulum yang wacananya 2023-2024 mulai berjalan,” Kepala Cabang Dinas SMA/SMK Kabupaten MBD, Viktor Hematang, kepada Siwalima, di ruang kerjanya, Rabu (10/5).

Selain itu pada pekan depan, tepatnya 18 Mei mendatang, Dinas PK akan melakukan pelatihan persiapan penggunaan program kurikulum merdeka.

“Finalnya pada bulan Juli tahun ini sudah mulai berlaku,” tandasnya.

Baca Juga: Minim Anggaran Pendidikan, Mahasiswa UPH Sumbang Uang

Guru lanjutnya harus disiapkan, kalau tidak pasti apa yang diinginkan tidak bisa tercapai.

Olehnya itu, guru di Kabupaten MBD harus disiapkan sebaik mungkin baru bisa jalankan dan menerapkan Kurikulum Merdeka tersebut.

“Kalau guru sendiri belum memahami terkait kurikulum yang kita jalankan, pasti akan mengalami banyak hambatan persoalan di lapangan,” ucapnya. (MG-2)