MASOHI, Siwalimanews – Bupati Malteng, Tuasikal Abua mengawali kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Pulau Haruku dengan memulai kerja di Negeri Pelauw yang adalah kampung halamannya.

Kunker yang berlangsung Jumat (20/11) lalu itu Bupati tidak sendiri, melainkan didampingi Ketua TP PKK Malteng, Amien Ru’ati Tuasikal sebelum melakukan kunjungan ke 11 negeri  lainnya di Kecamatan Pulau Haruku.

Seperti Kunker di kecamatan lain, Kunker di Pulau Haruku juga dilakukan penyerahan sejumlah bantuan. Bantuan itu merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Malteng melalui OPD terkait bekerja sama dengan TP PKK Maluku Tengah, BPJS Kesehatan Cabang Masohi dan Basarnas Maluku Tengah.

Khusus Negeri Pelauw diserahkan sejumlah paket bantuan dan melakukan pelayanan kepada masyarakat berupa penyerahan bantuan sembako sebanyak 89 kepala keluarga (KK), kartu BPJS Kesehatan sebanyak 465 kartu, penyerahan KTP sebanyak 115 buah, bantuan sembako bagi fakir miskin, anak yatim dan orang tua jompo, bantuan sarana dan prasarana perikanan, bantuan peningkatan sarana prasarana pertanian, bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro sebanyak 505 orang.

Selain itu penyerahan bantuan masker 800 buah serta  pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita, sosialisasi deteksi dini kanker pada perempuan dan Iva tes, sosialisasi 10 program pokok PKK serta pelayanan KB.

Baca Juga: 2021 Pemda Malteng Usul 400 Formasi CPNS

“Hal ini tentunya semata-mata kami lakukan sebagai bukti komitmen dan kepedulian Pemkab Malteng untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga dapat sedikit meringankan beban seluruh masyarakat Negeri Pelauw ditengah dampak kondisi pandemi virus Corona saat ini,” ujar Tuasikal Abua saat beri prakata kepada masyarakat Pelauw di Kantor Kecamatan Pulau haruku saat itu.

Bupati  berharap masyarakat yang berhak menerima berbagai bantuan pemerintah daerah agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin guna pemenuhan kebutuhan kedepan bahkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat di Negeri Pelauw untuk selalu bersemangat dan tetap produktif membangun ketahanan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

“Melalui kesempatan penting ini pula saya juga perlu mengingatkan kepada saudara kepala pemerintah negeri agar tetap melaksanakan tugas-tugas pemerintahan yang diemban dengan penuh tanggung jawab untuk kemajuan dan kesejah­teraan masyarakat di Negeri Pelauw,” tandasnya. (S-36)