AMBON, Siwalimanews – Kapolda Irjen Baharudin Djafar melakukan kunjungan kerja ke tiga satuan kerja (sat­ker) di Polda Maluku, Selasa (7/7). Ia mengingatkan anak buahnya untuk jangan mudah dipengaruhi orang lain.

Ketiga satker tersebut yakni Di­rek­torat Reserse Kriminal Umum (Ditres­krimum), Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) dan Direkto­rat Reserse Narkotika (Ditresnarkoba).

Kunjungan kapolda itu untuk meninjau langsung kinerja anggota pada pada ketiga satker serta mem­berikan arahan yang menjadi pedo­man untuk meningkatkan kinerja.

Ia didampingi Wakapolda Brigjen Jan de Fretes dan sejumlah pejabat utama.  Kunjungan peertama ke Dit­reskrimum yang bermarkas di Ma­polda Maluku.

Dalam kunjungan tersebut ka­polda menyampaikan ada tiga tu­juan hukum yang menjadi pedoman untuk diberlakukan, yakni rasa ke­adilan, kepastian hukum dan keman­faatannya yang harus dicapai, se­hingga anggota punya harga diri dan dihargai masyarakat.

Baca Juga: IPPMS : Kades Slealale tak Transparan Kelola ADD dan DD

“Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain, Saya lebih percaya anggota dengan pangkat terendah dari pada pengusaha terkaya yang ada di Maluku,” tegas kapolda.

Pada kesempatan tersebut, kapol­da juga memberikan apresiasi bagi personil Ditreskrimum atas sejumlah prestasi yang ditoreh, seperti pena­nganan kasus FKM/RMS serta pe­na­nganan pertikaian antar kam­pung.

“Ada beberapa prestasi yang dica­pai, dan saya selaku kapolda ucap­kan terima kasih, contohnya dalam pe­nanganan kasus RMS semua taha­pan dilalui dengan baik sampai sekarang yang sudah tahap II, se­lanjutnya penanganan tiga kasus negeri yang bertikai  sudah baik, na­mun harus pantau terus terkait gang­guan kamtib­masnya,” tandas kapolda.

Usai memberikan arahan di Dit­reskrimum, kapolda dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Ditresk­rimsus dan Ditresnarkoba di kawa­san Mangga Dua, Kecamatan Nusa­niwe.

Tak berbeda dengan arahan di Ditreskrimum pada dua satker ini, kapolda mengajak seluruh personil untuk meningkatkan kinerja guna menumbuhkan kepercayaan mas­yarakat Maluku terhadap institusi kepolisian dalam hal ini Polda Maluku.

“Harus kita perbaiki sistem kerja dari atas sampai ke bawah sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan profe­sionalisme terjaga sampai kapanpun dan untuk memperbaiki citra polri di Maluku. Ingat yang salah itu salah, yang benar itu benar jangan hanya karena pengaruh seseorang sehingga merubah profesionalisme kita dalam bekerja,” tegas kapolda.

Kapolda mengatakan, saat ini Ka­polri Jenderal Idham Azis memuji ki­nerja Polda Lampung dengan ada 200 surat rehabilitasi bagi anggota yang terkena kasus narkoba atau sebagai pe­makai dan pengguna narkoba. Ia ber­harap hal tersebut dapat dikaji guna diimplementasikan di Polda Maluku. “Untuk itu Ditresnarkoba harap dikoordinasikan dan dibicara­kan agar ini bisa diterapkan di Polda Maluku,” ujarnya. (S-45)