AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengunjungi Markas Polresta Ambon di kawasan Parigilima, Selasa  (11/1).

Kapolda yang didampingi Irwasda Kombes Edy Yudianto dan beberapa pejabat utama Polda Maluku, disambut Kapolresta Ambon, Kombes Raja Arthur Lumongga Simamora.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda memeberikan arahan kepada seluruh personel Polresta Ambon di halaman apel Mapolresta. Salah satu arahan yang menjadi atensi, yakni Kapolda menghimbau seluruh pejabat Polresta Ambon untuk tidak anti kritik.

“Para perwira agar jangan anti kritik. Karena dengan kritikan kita dapat mengoreksi semua kinerja kita dalam melayani masyarakat,” ujar Kapolda.

Mantan Kapolda NTT ini meminta pejabat Polresta untuk menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan serta memperbiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa.

Baca Juga: Giliran Pedagang Buah Datangi DPRD

“Lakukan deteksi dini terhadap potensi ancaman di wilayah kita dengan memonitor perkembangan situasi, dan tidak memandang sepele setiap permasalahan yang terjadi. Mari kita jalin hubungan baik dengan semua pihak, jangan sakiti hati masyarakat, karena kita pasti akan kembali kepada masyarakat juga,” himbau Kapolda.

Kapolda juga mengingatkan terkait pelayanan publik, dimana ia minta agar pelayanan yang terbaik dan prima terus diberikan, khususnya unit yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Saat ini institusi Polri diawasi oleh semua pihak, dan sedikit saja ada perilaku yang tidak baik dari anggota dalam memberikan pelayanan publik maupun tindakan ekstra terhadap masyarakat, maka dampaknya pasti pada institusi kita,” tandas Kapolda.

Untuk itu, selaku Kapolda ia tidak akan mentolelir dan tetap akan memberikan tindakan tegas terhadap anggota yang sengaja melakukan pelanggaran.

Sebaliknya ia berjanji akan mensupport dan memberikan dukungan, maupun penghargaan terhadap setiap anggota yang melakukan prestasi.

“Soliditas dan sinergitas antar personel Polresta harus dijaga dengan baik, karena kita yang memilih menjadi anggota polri, berarti kita harus taat dengan aturan yang ada di polri. Mari kita bersyukur dengan apa yang sudah kita dapat, dengan melakukan pengabdian yang ikhlas dan sungguh-sungguh kepada bangsa dan negara,” pinta Kapolda.

Selain atensi terkait pelayanan, Kapolda juga meminta seluruh personel Polresta Ambon untuk ikut memdukung berkembangnya investasi di wilayah Maluku sebagaimana amanat Presiden.

Selain itu, peningkatan percepatan vaksinasi Covid-19 di Maluku juga menjadi atensi yang harus diperhatikan. (S-45)