AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI Kristomei Sianturi meminta kepada jajaranya untuk netral dalam pesta demokrasi.

Penerangan TNI AD termasuk didalamnya Pendam XVI Pattimura harus mampu mengoptimalkan peran dan fungsinya, untuk menghadapi tantangan dan tuntutan tugas di masa yang akan datang.

Pentingnya peran Penerangan TNI AD dalam mendukung tugas pokok TNI AD yakni menjaga pertahanan dan kedaulatan Negara, serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, integritas dan netralitas,” tegas Kadispenad dalam sambutan yang dibacakan Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Agung Sinaring Mahapasti saat peringatan HUT Penerangan TNI AD ke-73 yang dipusatkan di kantor Pendam XVI/Pattimura.

Peringatan dan syukuran HUT Penerangan AD kali ini mengusung tema “Penerangan TNI AD Pengawal Demokrasi, Menyuarakan Integritas dan Netralitas”.

“Hal ini menjadi misi Penerangan untuk menjadi corong informasi dan motivasi guna menyuarakan netralitas TNI dalam mnghadapi pesta demokrasi yang sudah didepan mata,” tegasnya.

Baca Juga: Sosialisasikan Keselamatan berlalu Lintas

Pada kesempatan itu juga jenderal bintang satu itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan Penerangan AD.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada kita semua atas kerja keras, loyalitas, dedikasi, dan pengabdian yang telah dilakukan selama ini, sehingga Penerangan TNI Ang­katan Darat mampu berperan secara signifikan dalam meningkatkan citra positif TNI dan TNI AD di masya­rakat,” jelasnya.

Melalui momentum peringatan HUT kali ini ini, lanjutnya hendak­nya dijadikan sebagai kesempatan untuk mengevaluasi dan mem­perbaiki kekurangan tersebut.

“Kenapa agar pelaksanaan tugas-tugas mendatang dapat berjalan lebih optimal,” pintanya.

Untuk diketahui acara syukuran yang berlangsung sederhana ini, ditandai dengan pemotongan tum­peng oleh Kapendam XVI Pattimura yang diberikan kepada prajurit termuda atas nama Pratu Hidayat.

Selain itu peringatan HUT juga dilakukan serangkaian kegiatan seperti donor darah di PMI Kota Ambon dan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Kapahaha.

Ziarah dilakukan untuk, mem­berikan penghargaan atau peng­hormatan dan mendoakan, serta mengenang jasa-jasa para Pah­lawan.

Adapun nama makam pahlawan yang diziarahi yaitu, Brigjen TNI (Anumerta) Ignatius Slamet Riyadi, Brigjen TNI (Anumerta) Sudiarto dan pahlawan asal Maluku Ale­xander Jacob Patty serta beberapa pahlawan lainnya yang ada di TMP tersebut.

Tidak lupa, seluruh peserta ziarah juga mengunjungi makam anggota Pendam XVI Pattimura yang meninggal beberapa waktu lalu, atas nama Letda Inf Marthinus Supusama di Desa Siwang, perbukitan Gunung Nona untuk menabur bunga sebagai bentuk penghargaan kepada Almarhum. (S-10)