AMBON, Siwalimanews – Penyaluran program kredit ringan (Kring) Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk Cabang Ambon sampai bulan Februari, capai  Rp 26 miliar.

Program Kring ini sendiri adalah kredit dengan cicilan ringan untuk karyawan perusahaan atau instansi tanpa agunan, hanya dengan mengajukan SK pegawai.

Branch Manager Bank BTN Cabang Ambon, AH Yudi Evarianto mengaku saat ini program Kring BTN mencapai 3.415 nasabah payroll aktif dan 1.020 nasabah pensiunan aktif.

“Tahun 2022, capaian Kring telah terealisasi sebesar 168 miliar,” jelas Evarianto dalam rilis yang diterima Siwalima, kemarin.

Dari jumlah itu ia merincikan penyumbang aset BTN KC Ambon sebesar Rp528 miliar per akhir tahun 2022. Terkait dengan itu, Bank BTN juga membuka peluang berwirausaha bagi masyarakat.

Baca Juga: Enam Indikator Ekonomi Makro Capai Target

Peluang wirausaha ini menawarkan paket bundling untuk memfasilitasi nasabah, baik pegawai maupun pensiunan, yang ingin berwirausaha.

“Baik perseroan bersama Indogrosir, kita menyediakan paket pembuatan warung modern yang dapat dibiayai melalui Kring,” terangnya.

Dia menjelaskan, produk Kring BTN merupakan fasilitas kredit ringan yang dapat diakses oleh nasabah, baik pegawai maupun pensiunan ditawarkan bukan saja untuk kepentingan bisnis BTN, tetapi juga untuk mening­katkan jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dengan ini kami terus berupaya untuk meningkatkan bisnis sekaligus mendongkrak perekonomian di Ambon dan Maluku. Proses pengajuan Kring, sangat cepat,” jaminnya.

Dia menambahkan, pada program ini, nantinya memiliki warung modern, juga akan diberi kesempatan menjadi agen BTN, untuk memberikan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor kepada masyarakat umum di wilayah Kota Ambon.

Diketahui, untuk mendukung itu, Bank BTN KC Ambon juga mengadakan Talkshow Kewirausahaan bersama Indogrosir.(S-25)