AMBON, Siwalimanews – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon M Shaddeq Fuad  mengapresiasi program Gerakan Cerdas Memilih yang dilaksanakan oleh LPP RRI Ambon, sebab semakin banyak pendidikan politik seperti ini diberikan, maka akan semakin baik.

“Ini program yang patut diapresiasi. Kerjasama RRI untuk mensukseskan Pemilu sungguh luar biasa, sebab dengan sosialisasi seperti ini, bisa dapat meningkatkan partisipasi peserta pemilu,” ungkap Fuad dalam acara sosialisasi tersebut yang digelar di Tribun Lapangan Merdeka, Kamis (14/9)

Menurutnya, RRI sebagai lembaga penyiaran publik berperan aktif dalam memberikan sajian informasi yang menyehatkan mengenai pemilu, seperti yang hari ini dilakukan.

“Kali ini RRI memilih segmen pemilih penyandang disabilitas, dan ini yang kami harapkan bisa juga dilakukan dengan segmen lainnya oleh lembaga atau stakeholder lain di kota ini,” ujar Fuad.

Menurutnya, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan pemilih lainnya dalam pemilu dan tentu, mereka juga perlu diajak untuk dapat memahami proses-proses pemilu.

Baca Juga: Sekda: Anggaran Pilkada Non Tahapan Siap Dicairkan

Ditempat yang sama, Ketua Koalisi Daerah Organisasi Penyandang Disabilitas Provinsi Maluku Pendeta Yohana Maitimu mengatakan, kegiatan ini sebenarnya merupakan suatu bentuk seruan kepada penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam pemilu.

“Jadi semacam arak-arakan menyerukan bahwa difabel juga punya hak suara yang sama dalam mensukseskan pemilu. Kami apresiasi kegiatan ini,” ujarnya

Ia mengaku, kendala yang dihadapi difabel ketika pemilu yakni soal akomodasi dan aksesbilitas. Banyak penyandang disabilitas yang masih mengeluhkan soal dua masalah ini. Tapi, diharapkan di pemilu 2024 mendatang, penyelenggara pemilu bisa memastikan akomodasi dan aksesbilitas terjamin dengan baik.

“Kami harap akomodasi dan aksesbilitas kami penyandang disabilitas dapat difasilitasi dengan baik. Kami juga punya hak yang sama untuk mensukseskan pemilu,” tegasnya.(S-26)