AMBON, Siwalimanews – Guna menggenjot budidaya dan konsumsi sayuran pada masyarakat dan ditujukan untuk melakukan transfer pengetahuan, khususnya terkait praktek budidaya sayuran yang baik, maka Kodam XVI Pattimura menggelar Farmers Field Day atau hari ladang petani.

Kegiatan yang dipusatkan kebun mutiara Pattimura Universitas Pattimura Ambon, Senin (11/9), Kodam Pattimura bekerjasama dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera.

Manajer Yayasan Bina Tani Sejahtera Edwin dalam sambutannya mengatakan, Yayasan Bina Tani Sejahtera siap dengan kompetensinya didalam menerapkan hal-hal yang bermanfaat untuk peningkatan produksi tanaman, sekaligus juga memberikan percontohan kepada mahasiswa dan para petani.

“Ini merupakan salah satu peluang buat kita di wilayah Indonesia Timur, khususnya di Kota Ambon, dengan harapan, kegiatan ini betul-betul memberikan sumbangsih dan peningkatan produksi sekaligus peningkatan konsumsi sayuran,” ungkapnya.

Sementara itu Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial dalam sambutannya yang dibacakan Pamen Ahli Bidang Jemen Sishanneg Kolonel Czi Ahmad Yusa, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program i TNI AD terkait ketahanan pangan, kaitannya dengan itu, maka Kodam XVI Pattimura harus memiliki templot pertanian.

Baca Juga: Bidhumas Polda Maluku Supervisi ke Polres SBT

“Harapannya, semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi mahasiwa dan para petani, untuk bagaimana mengembangkan sebuah lahan yang tadinya tidak produktif menjadi produktif dan juga bagaimana cara kita bisa membudidayakan sebuah tanaman supaya bisa lebih maju dan lebih baik lagi,” ujar Pangdam.

Kegiatan yang diakhiri dengan peninjauan kebun sekaligus foto bersama ini, dihadiri oleh Kepala Desa Wayame, perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Maluku, perwakilan Dinas Pertanian Kota Ambon, para Dosen serta mahasiswa Fakultas Pertanian Unpatti dan petani.(S-10)