AMBON, Siwalimanews –  Komisi Pemberan­tasan Korupsi (KPK) memberikan apresiasi yang tinggi bagi Kota Ambon, karena sangat responsif dalam upaya membangun tata kelola pemerintahan yang baik.

Hal itu disampaikan Epa­kartika, Tim Koordi­nasi Supervisi dan Pence­ga­han (Korsupgah) KPK di Wilayah Ma­luku, dalam event Road to Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2022 yang diseleng­garakan KPK, di Badung, Bali pada Jumat (24/11).

“Kami bersyukur bantu Kota Ambon karena sangat responsif dalam melakukan perubahan. Ambon termasuk daerah yang maju, punya kontribusi yang kuat untuk masyarakat dengan sistem yang dibangunnya,”tuturnya.

Diakuinya, bahwa ada sejumah program yang dijalankan Tim Kopsurgah KPK, baik itu terkait optimalisasi pajak, penyelamatan aset berupa kendaraan roda empat, serta tanah dan bangunan. Dan itu mendapat respon positif dari penjbata Walikota, Bodewin M Wattimena dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Mulai dari transformasi digital yang sudah dicanangkan pada HUT Kota September lalu, dan itu jadi komitemen penjabat Walikota Ambon dan juga OPD untuk memba­ngun tata kelola pemerintahan yang baik, yang semuanya berbasis digital,”jelasnya.

Dia juga memuji kinerja Watti­mena selaku penjabat  Walikota Ambon yang meski  baru beberapa bulan menjabat, sudah menunjukan komitmen membangun Ambon yang lebih baik.

Dia menambahkan, Event Road To Hakordia ini digelar untuk menunjukan kepada publik,  bahwa daerah- daerah di wilayah V Kopsur­gah KPK, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT dan Bali, siap untuk melakukan peruba­han.

“Ini penting, karena ini menjadi kunci pelayanan publik yang lebih baik, yang bebas dari transaksi dan kami di KPK sangat support itu,” tandasnya.

Sementara itu, Inspektur Kota Ambon, J Silano menyampaikan terima kasih kepada Tim Kopsurgah wilayah V KPK, yang telah banyak membantu Kota Ambon, dalam pembenahan pengelolaan pajak dan barang milik daerah.

“Kita dipenataan aset sangat terbantu, di pajak juga terbantu oleh KPK dalam menata sistem prosedur sampai penindakan semua itu dinilai oleh Korsupgah wilayah V. Hal ini juga tak lepas dari arahan dan petunjuk bapak penjabat Walikota dan juga Sekot,” katanya.

Diketahui, dalam event itu, juga digelar pameran kegiatan Kopsur­gah KPK di kota/kabupaten dan stand Kota Ambon dinilai sebagai stand terbaik ke III. (S-25)