AMBON, Siwalimanews – Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, kasus pasien terkonfirmasi positif terpapar Corona bertambah 12 kasus baru.

Sebelumnya jumlah kasus positif di Maluku terdapat 72 kasus , namun  berdasarkan hasil swab yang masuk pada hari ini Sabtu (16/5) Pukul 12.00 WIT terdapat 12 kasus baru, sehingga total keseluruhan kasus potif di Maluku menjadi 84 kasus.

Katua Harian Gugus Tugas Maluku Kasrul Selang menjelaskan, 12 kasus baru ini meruapakan pasien PDP yang hasil swabnya keluar hari ini Sabtu (16/5). Pasien-pasien kasus baru ini berasal dari Kota Ambon dan Kabupaten Buru,

“Dengan bertambahnya pasien positif baru dari Kota Ambon dan Buru, maka saat ini pasien positif untuk Kota Ambon tercatat 55 kasus sementara Buru 5 kasus,” ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Maluku Kasrul Selang saat dikonfirmasi Siwalimanews Sabtu (16/5).

Namun, satu pasien berinisial AS asal Kabupaten Buru telah meninggal dunia pada Rabu (13/5) lalu dan telah dimakamkan dengan protab Covid-19 di TPU Dusun Jikubesar, Desa Namlea. AS meninggal dengan status PDP, dan kini hasil swab PCR nya telah keluar dan dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Dari total 84 kasus saat ini, pasien yang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan dan LPMP serta Balai Diklat meningkat menjadi 61 orang, pasien yang sembuh 17 dan pasien meninggal dunia naik menjadi 6 orang.

“61 pasien positif yang masih dirawat ini terdiri dari Kota Ambon 55 pasien, Kabupaten Maluku Tengah 1 pasien dan Kabupaten Buru 5 pasien,” ungkap Selang.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) kata Kasrul,  sampai dengan saat ini tercatat sebanyak 24 orang yang terdiri dari Kota Ambon 14 orang, Kabupaten Bursel 1 orang, Kabupaten Buru 3 orang, Kabupaten Malteng 5 orang, dan Kabupaten SBT 1 orang.

Sedangkan untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) seluruh berjumlah 54 orang, yang terdiri dari Kota Ambon 52 orang, Bursel 1 orang dan Kabupaten Seram Bagian Timur 1 orang.

“Dengan demikian total jumlah kasus di Maluku saat ini terdapat 162 kasus dengan perincian, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 24 orang, Orang Dalam pemantauan (ODP) 54 orang kemudian pasien, terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 yang masih jalani perawatan sebanyak 61 orang, ditambah pasien yang telah sembuh 17 orang dan 6 pasien telah meninggal dunia,” rinci Kasrul. (S-39)