AMBON, Siwalimanews – Akibat arus pendek listrik atau konsleting memicu kebakaran terjadi lingkungan RT 002/005 SKIP, Kelurahan Karang Panjang, Keca­matan Sirimau, Kota Ambon, Senin (14/9) sekitar pukul 17.30 WIT.

Kebakaran itu berlangsung sangat cepat dan menghaguskan satu unit rumah milik keluarga Jusuf Hurulean dan tiga unit rumah di Asrama Militer (Asmil) Paldam XVI/Pattimura tipe 21 yang dihuni oleh Serka Syahrul, Serka Arifai Rustam Maruf dan PNS Paldam/XVI Pattimura Bansa Sangadji.

Informasi yang berhasil dihim­pun Siwalima menyebutkan, terja­di­nya kebakaran ini berawal dari rumah milik Keluarga Jusuf Huru­lean yang merembet ke tiga rumah dinas milik TNI AD di asrama Paldam XVI/Pattimura.

“Saat kebakaran saya dan keluarga sementara beraktivitas di dalam rumah, tiba-tiba warga ber­teriak kebakaran, pas saya keluar gumpalan asap muncul dari rumah milik keluarga Hurlean,” jelas Ebu Waelauruw, salah satu warga di TKP kepada wartawan.

Ia mengaku, awal kebakaran war­ga setempat langsung berusa­ha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun koba­ran api semakin membesar.

Baca Juga: BI Dorong Petani Tingkatkan Produktivitas

“Awalnya saya dan warga sekitar memadamkan api dengan per­alatan seadanya, saya juga ber­upaya mengeluarkan barang di rumah, karena posisi rumah yang terbakar tepat di depan rumah saya,” ungkapnya.

Saat warga sementara berupaya, lanjut dia, mobil pemadam kebaka­ran milik Pemkot Ambon tiba di lokasi kebakaran dan memadam­kan api.

Kepala Dinas Pemadam Keba­ka­ran Kota Ambon, Edwin Patti­kawa kepada Siwalima di lokasi kebakaran mengatakan, sebanyak tujuh unit mobil kebakaran dike­rahkan untuk memadamkan api.

“Api baru berhasil kita padamkan kurang lebih setengah jam atau pukul 18.00 WIT pasca terjadi kebakaran,” ujar Pattikawa.

Dikatakan, kebakaran ini bukan hanya menimpa satu rumah warga saja, namun api juga merembat menghanguskan tiga unit  rumah dinas di asrama Paldam Patti­mura. “Di asrama itu ada 3 unit rumah dinas ikut ludes terbakar. Untuk penyebab kebakaran ini, dugaan sementara karena korsle­ting,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kapolsak Sirimau, AKP Mustafa Kamal  mengatakan, penyebab kebakaran berasal dari salah satu rumah warga dan merembet ke asrama Paldam.

“Ia benar kebakaran berawal dari rumah warga. Untuk penyebab kebakarannya masih dalam lidik,” ucap Kapolsek.

Hingga pukul 19.35 WIT petugas pemadam masih melakukan pe­nyemprotan untuk mendinginkan sisa kebakaran pada keempat unit rumah tersebut. (S-45)