AMBON, Siwalimanews – Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Lotharia Latif menerima kunjungan kehormatan dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Mr. Lee Romel dan staf di Mapolda Maluku, Jumat (28/4).

Kedatangan Regional Security Officer Consulate General U.S ini disambut hangat oleh Kapolda yang didampingi Karo Ops Kombes Pol Asep Saepudin, Direktur Intelkam, Kabid Humas Polda Maluku dan Kapolresta Ambon.

Romel mengaku kehadirannya di Maluku untuk program kerjasama antara Konsulat Amerika di Surabaya dengan Universitas Patimura Ambon. Kerjasama yang dilakukan terkait survei keamanan di Maluku.

“Kami ingin mengetahui situasi kamtibmas di Maluku,” katanya.

Di hadapan Kapolda dan sejumlah pejabat utama Polda Maluku, Mr Lee Romel, juga memuji keindahan alam di Maluku. Selain itu, dirinya juga mengaku warga Maluku sangat ramah dengan tamu.

Baca Juga: Latdalam Terima Penghargaan Desa Wisata

“Kami melihat alam Maluku yang sangat indah serta keramah tamahan warganya,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolda meng­ungkapkan situasi kamtibmas di Maluku secara umum sangat kondusif. Hal ini ditandai dengan banyaknya turis dari mancanegara yang mengunjungi tempat-tempat wisata.

“Situasi keamanan Maluku saat ini sangat kondusif dan sangat nyaman untuk dikunjungi. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing,” ungkapnya.

Kapolda memaparkan, berda­sarkan data yang dimiliki Polda Maluku, selama tahun 2022 Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika yang berkunjung di Maluku sejumlah kurang lebih 35 orang.

“Sementara pada tahun 2023 sampai dengan bulan April ini sudah ada 20 WNA asal Amerika yang berkunjung ke Maluku,” terangnya.

Di hadapan Konsulat Amerika tersebut, Kapolda mengajak para wisatawan asing termasuk yang berasal dari Amerika dapat berkunjung di Maluku.

“Kami siap memberi rasa aman dan nyaman bagi mereka. Kami sangat berharap pihak kedutaan Amerika juga dapat menyampaikan informasi kepada keluarga maupun semua orang di Amerika tentang keindahan Maluku,” harapnya.

Kapolda berharap kedutaan Amerika dapat membantu mempro­mosikan tempat-tempat wisata yang indah di Maluku.

“Kami harap Maluku dapat dipro­mo­sikan di mata dunia dan kami juga selalu siap kapan saja jika ada yang perlu dikomunikasikan, kami Polda Maluku selalu siap,” ujarnya. (S-10)