AMBON, Siwalimanews – Menjelang Pekan Olahraga Provinsi Maluku IV yang akan berlangsung 17-27 November nanti di Ambon, maka Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Kepulauan Tanimbar kian mematangkan para atletnya untuk menuju event tersebut.

Ketua KONI KKT Rano Titirloby mengaku, para atlet yang dibawa ke Popmal kali ini akan turun pada 10 cabang olaraga, yang terdiri dari, Bola Volly, Karate, Tinju, Silat, Taekondow, Wushu, Panahan, Atletik, Renang dan e-Sport.

“Kita hanya ikut 10 cabor dari 17 cabor yang dipertandingkan dalam Popmal,” ungkap Rano kepada Siwalimanews melalui telpon selulernya, Kamis (3/11).

Untuk kesiapan para atlet sendiri kata Rano, telah dilakukan tiga bulan sebelumnya, dengan demikian, satu minggu sebelum keberangkatan ke Ambon untuk bertanding, akan dilakukan medical chek up kesehatan yang menjadi syarat utama.

Untuk target KONI KKT dari event ini, masing-masing cabor yang diikutkan akan ditentukan dalam beberapa hari kedepan, setelah semua kesiapan dirampungkan. Namun sementara untuk cabor tinju, karate dan silat diprediksi bisa meraih 4 hingga 5 medali.

Baca Juga: Periode Oktober, Polsek Baguala Berhasil Sita 3 Ton Sopi

Untuk jumlah kontingen KKT, termasuk didalamnya atlet, pelatih dan official serta manajer yang akan dibawah ke Ambon sebanyak 190 orang. Rencananya Kontingen KKT akan diberangkatkan dari Kota Saumlaki pada, Jumat (11/11) dengan menggunakan KM Sabuk Nusantara 71.

“Kan 10 cabor ini tidak semua ikut nomor tanding, hanya tertentu saja. Misalnya renang dan atletik hanya sesuaikan dengan target medali. Kalau silat dan karate ikut semua nomor tanding,” katanya.

Disingung tentang dukungan anggaran Rano mengaku, KONI KKT mendapatkan bantuan sebesar Rp3,5 milyar. Kendati belum ditetapkan dalam APBD-Perubahan, tetapi hal itu bukan kendala bagi pihaknya dalam mempersiapkan para atlet.

Untuk kontingen KKT akan dipimpin langsung oleh Sekda KKT Ruben Moriolkossu, sementara Penjabat Bupati Daniel E Indey akan hadir sebagai tamu kehormatan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab dan DPRD KKT yang telah mengakomodir anggaran bagi KONI untuk menghadapi Popmal IV 2022,” ucapnya.(Mg-1)