PIRU Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian barat (SBB) berkomitmen kuat untuk “kasi bae”  SBB dengan membenahi pembangunan infrastruktur jalan di wilayah pesisir dan pegunungan.

Komitmen itu dibuktikan dengan dibangunnya sejumlah ruas jalan dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat pejalan kaki maupun menggunakan transportasi darat. Hal ini juga sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sejumlah ruas jalan yang saat ini sementara dibangun pemerintah kabupaten diantaranya, jalan lingkar Humual, Taniwel Gunung dan Inamosol. Tahun depan direncanakan dilanjutkan dengan pembangunan di wilayah-wilayah lain.

“Infrastruktur jalan khususnya di kawasan pesisir maupun pegunungan masih terus dibenahi. Untuk itu pemerintah daerah masih tetap komitmen untuk persoalan infrastruktur tersebut,” ungkap Bupati SBB, Moh. Yasin Payapo kepada Siwalima di Kantor Bupati Kota Piru, Rabu (18/11).

Pembangunan jalan jelas Payapo tetap jadi prioritas pemerintah kabupaten, disamping persoalan ekonomi kerakyatan, pendidikan, pariwisata, sosial, budaya dan lainnya. Untuk infrastruktur jalan khususnya kawasan kota tetap dilakukan perbaikan apabila terjadi kerusakan.

Baca Juga: Payapo: Surga Pariwisata Ada di SBB

Untuk itu, Bupati meminta masyarakat agar bisa bersabar sambil menunggu proses perbaikan jalan yang saat ini masih dalam pekerjaan. Berbagai keluhan terkait kondisi jalan dalam Kota Piru maupun wilayah pesisir dan penggunungan telah banyak disampaikan oleh masyarakat. Masyarakat menginginkan agar segera dilaksanakan perbaikan terhadap ruas jalan yang mengalami kerusakan itu.

Bupati mengakui, infrastruktur jalan, khususnya di wilayah pesisir dan pegunungan dan ibukota kabupaten yang memprihatinkan tetap menjadi perhatian penuh oleh pemerintah daerah, dan Pemkab SBB masih tetap komitmen untuk persoalan infrastruktur jalan.

Selain dari perluasan akses jalan, adapun pembangunan infrastruktur pendidikan kesehatan, Pariwisata, peningkatan hasil pangan petani maupun nelayan dalam bentuk pemberian bantuan kepada masarakat tetap diutamakan. Hal ini tujuannya agar keterisolasian di Bumi Saka Mese Nusa mampu terselesaikan.

“Untuk itu saya tegaskan, selaku Bupati akan bekerja sungguh-sungguh demi kesejahteraan masarakat SBB, karena amanah rakyat harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan suatu saat nanti,” jelas Payapo.

Bupati mengharapkan kepada masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa untuk bersama sama mendukung program pemerintah daerah, agar infrastruktur jalan maupun jembatan serta program lainnya dapat terlaksana dengan baik demi “kas bae” (kasih baik Red)  SBB.

Menurutnya, dengan memperluas pembangunan infrastruktur jalan di kasawan pesisir dan pegunungan dapat membuka akses tranportasi darat agar aktivitas masyarakat bisa lancar, dan memperpendek serta mempermudah  perjalanan warga dalam keseharian. (S-48)