SAUMLAKI, Siwalima – Kodim 1507 Saumlaki bersama Forkopimda Tanimbar melaksanakan penanaman Mangrove di Pesisir Desa Bomaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (15/05) sore.

Dandim 1507 Saumlaki yang diwakili Kasdim Mayor Inf Moch. Bahri mengatakan, kegiatan penanaman mangrove ini merupakan sinergitas TNI-Polri dan unsur Forkopimda di Wilayah Kabupaten Kepulaun Tanimbar.

“Penanaman ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini dilakukan penanaman sebanyak kurang lebih 300 pohon mangrove di Pesisir Desa Bomaki,” katanya.

Dijelaskan, tanaman mangrove memiliki berbagai manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan. Hutan mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus ombak dan pasang surut.

Sistem akar mangrove yang rumit juga membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator.

Baca Juga: Pemprov  Diminta Alokasikan Anggaran Pemilu

“Kabupaten Tanimbar terletak di wilayah yang berbatasan langsung dengan laut Banda dan Australia, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa penanaman mangrove menjadi salah satu hal yang cukup signifikan untuk menjaga supaya terhindar dari bahaya rob, pasang surut air laut yang berakibat pada erosi dan hal lainnya. Ujar Mayor Inf Moch Bahri.(S-26)