NAMROLE, Siwalimanews – Abdul Hamid Souwakil memiliki kepedulian untuk membangun SDM Kabupaten Buru Selatan agar semakin mumpuni dalam menghadapi perkembangan zaman.

Pemuda asal Ambalau yang kini menjabat sebagai Sekretaris Yayasan Universitas Ibnu Chaldun di Jakarta dan Direktur BUMD Prima Niaga di Kabupaten Halmahera Selatan itu, kini menyiapkan beasiswa 100% sekaligus tempat tinggal gratis bagi warga Bursel yang ingin melanjutkan studi perkuliahannya di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Peluncuran beasiswa yang turut dihadiri oleh para petinggi dari Universitas Ibnu Chaldun di Jakarta itu dipusatkan di Dusun Alfafa, Desa Batu Kasa, Kecamatan Waesama, Kabupaten Bursel, Jumat (20/1).

Pada kesempatan itu, Souwakil mengaku, kehadiran dirinya bersama rombongan dari Universitas Ibnu Chaldun merupakan bentuk kepeduliannya bagi generasi muda Bursel.

“Selaku anak negeri dan generasi muda Bursel, saya hadir sebagai kekuatan inspirasi bagi generasi Bursel bukan hadir sebagai kekuatan intimidasi, sebab hanya dengan pendidikanlah kita bisa mengubah masa depan kita, mengubah arah pikir generasi kita,” ucap Souwakil

Baca Juga: Tangani Sampah, Kota Ambon terus Berbenah

Program 100% beasiswa gratis tersebut kata Souwakil, kalaupun ada yang kurang mohon dimaklumi, karena intinya dari program beasiswa ini, untuk memperbaiki dan menciptakan generasi muda Bursel yang lebih baik.

Untuk beasiswa ini, Universitas Ibnu Chaldun akan merekrut 30 orang, dimana setiap kecamatannya mendapat jatah 5 orang. Namun untuk mendapatkan 5 orang di setiap kecamatan, mereka harus melalui seleksi yang profesional dan mereka yang berhasil akan diberikan beasiswa, tempat tinggal gratis dan pembinaan yang ketat.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Rahmah Marsinah dalam sambutannya mengatakan, program ini merupakan upaya dalam partisipasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kami merasa ikut berpartisipasi mencerdaskan bangsa. Banyak tokoh yang lahir dari Universitas Ibnu Chaldun sejak berdiri tahun 1956 lalu,” ucapnya.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat Bursel agar dapat  menitipkan anaknya untuk belajar di Universitas Ibnu Chaldun.

“Titipkanlah anak-anak bapak ibu kepada kami dan kami akan bina, kami didik menjadi tokoh-tokoh yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Bukan hanya Iptek yang dibina, namun Iptag juga kami siapkan bagi anak-anak bapak ibu,” ucapnya.

Bupati Bursel Safitri Malik dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bursel Bidang Politik dan Hukum, Abdul Gani Loilatu, menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya acara tersebut.

“Pemda Bursel menyambut baik peluncuran beasiswa ini, semoga ini bermanfaat bagi generasi muda Bursel,” ujar bupati.

Bupati, berharap kedepan kecamatan lain juga bisa dihadiri dengan acara seperti ini, sehingga masyarakat atau generasi Bursel bisa bersaing dengan generasi lain di seluruh Indonesia.(S-35)