MASOHI, Siwalimanews – Dari data hasil evaluasi menunjukan adanya peningkatan pelanggaran lalulintas di Kabupaten Maluku tengah. Hal itu menjadi salah satu ukuran terjadinya kecelakaan lalulintas yang selama ini terjadi.

Untuk itu, Satlantas Polres Maluku Tengah tetap akan memprioritaskan upaya penindakan tegas  bagi pelanggarn lalin, sehingga kesadaran masyarakat untuk menaati peraturan laliluntas akan semkain tinggi.

“Pola penindakan tegas pelanggar lalulintas menjadi prioritas utama guna menciptakan kesadaran lalulintas bagi penguna kendaraan bermotor di jalan raya. Tidak ada tawar menawar disini. Kami pastikan langkah utama yang menjadi salah satu prioritas kami dalam tugas adalah upaya penindakan tegas bagi pelanggar,” tegas Kasat Lantas Polres Malteng Iptu Maulidi Prawira Husin kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (21/7) siang.

Sikap tegas ini kata Kasat, menyusul hasil evaluasi yang menunjukan adanya peningkatan pelanggaran, seperti pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm saat berkendaraan, serta miliki surat-surat kendaraa.

“Pelanggaran tidak mengunakan helm, tidak membawa administrasi kendaraan berupa SIM dan STNK meningkat pada beberapa bulan terakhir ini. Salah satu solusi yang akan diterapkan adalah dengan pola penindakan tegas,” ucapnya.

Baca Juga: Mayjen Ruruh Setyawibawa Jalani Tradisi Cium Pataka

Pelanggaran-pelanggaran seperti ini, alhasil sebagian besar kasus kecelakaan lalulintas yang terjadi di Kota Masohi dan Kabupaten Malteng umumnya, akibat tidak ada kesadaran masyarakat dalam berkendaraan.

“Banyak kasus lakalantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia akibat dari hal-hal seperti ini. Olehnya kami berkomitmen mengambil sikap tegas untuk menciptakan kesadaran masyarakat di wilayah hukum Polres Malteng,” tegasnya.

Selain tambah Kasat, pihaknya juga berkomitmen serta berupaya juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengunakan masker saat berkendaraan, serta menaati protokol kesehatan sebab pandemi belum berakhir.

“Komitmen ini diambil sebab pengunaan masker saat berkendaraan berdasarkan hasil evaluasi juga mulai menurun, sehingga ini juga jadi salah satu perhatian kami, yang nantinya akan kita tertibkan,” tutupnya. (S-17)