AMBON, Siwalimanews – Personel Penerangan TNI AD yang ada diwilayah Ambon, baik Pendam Pattimura maupun Penrem 151 Binaiya, menggelar acara syukuran HUT ke-73 yang dipusatkan di ruang Pendam XVI Pattimura, Sabtu (13/1).

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Arh Agung Sinaring Mahapasti dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (15/1) menjelaskan, peringatan dan syukuran HUT ke-73 Penerangan TNI AD tahun ini dilaksankan dibawa usungan tema Penerangan TNI AD Pengawal Demokrasi, Menyuarakan Integritas dan Netralitas.

Sementara itu Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI Kristomei Sianturi, dalam amanatnya yang dibacakan Kapendam menegaskan, tema ini menjadi misi Penerangan TNI AD untuk menjadi corong informasi dan motivasi guna menyuarakan netralitas TNI dalam mnghadapi pesta demokrasi yang sudah di depan mata.

Brigjen Sianturi mengatakan, Penerangan TNI AD termasuk didalamnya Pendam XVI Pattimura harus mampu mengoptimalkan peran dan fungsinya, untuk menghadapi tantangan dan tuntutan tugas di masa yang akan datang.

“Tema ini menggambarkan, pentingnya peran Penerangan TNI AD dalam mendukung tugas pokok TNI menjaga pertahanan dan kedaulatan negara, serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, integritas dan netralitas,” tandas Kadispenad.

Baca Juga: Fakultas Perikanan Unpatti Audit Perluasan Ruang Lingkup SNI-ISO

Tak lupa Kadispenad juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan Penerangan TNI AD atas kerja keras, loyalitas, dedikasi, dan pengabdian yang telah dilakukan selama ini, sehingga Penerangan TNI AD mampu berperan secara signifikan dalam meningkatkan citra positif TNI dan TNI AD dimasyarakat.

“Dihadapkan, dengan kekurangan yang terdapat diberbagai bidang, akibat keterbatasan individu dan sistem organisasi, saya ajak, melalui momentum peringatan HUT Penerangan TNI AD ini, hendaknya dijadikan sebagai kesempatan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan tersebut, agar pelaksanaan tugas-tugas mendatang dapat berjalan lebih optimal,” pintanya.

Acara syukuran yang berlangsung secara sederhana ini, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapendam XVI Pattimura yang diberikan kepada prajurit termuda atas nama Pratu Hidayat.

Dalam Rangkaian kegiatan HUT ke-73 Penerangan TNI AD juga dilaksanakan kegiatan donor darah di PMI Kota Ambon dan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional di Taman Makan Pahlawan Kapahaha, Ambon.

Kegiatan ziarah ini dilakukan bertujuan untuk, memberikan penghargaan atau penghormatan dan mendoakan, serta mengenang jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun nama makam pahlawan yang diziarahi yaitu, Brigjen TNI (Anumerta) Ignatius Slamet Riyadi, Brigjen TNI (Anumerta) Sudiarto dan pahlawan asal Maluku Alexander Yacob Patty serta beberapa pahlawan lainnya yang ada di TMP tersebut.

Tidak lupa, seluruh peserta ziarah juga mengunjungi makam anggota Pendam XVI Pattimura yang meninggal beberapa waktu lalu, atas nama Letda Inf Marthinus Supusama di Desa Siwang, Gunung Nona, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, untuk menabur bunga sebagai bentuk penghargaan kepada almarhum.(S-10)