NAMLEA, Siwalimanews –  Kodim 1506 Namlea menggelar pelayanan KB di Desa Waplau, Kabupaten Buru, Selasa (25/5).

Kegiatan yang mengusung tema TNI AD Bersama Rakyat Wujudkan Keluarga Sehat Untuk Indonesia Kuat itu mampu melayani 50 peserta akseptor KB.

Dandim 1506 Namlea Letkol Arh Agus Guwandi dalam sambutannya yang diwakili Pasiter Kapten Inf Haris Tumenggung saat membuka kegiatan itu mengatakan, program ini bertujuan utk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya program KB kesehatan.

“Karena melalui program ini akan dapat membantu pemerintah tangani permasalahan kependudukan, dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta untuk meningkatkan SDM serta meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah,” ujarnya.

Selain itu, program KB ini juga bertujuan untuk mewujudkan sinergitas antara TNI, pemda khususnya Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dan pihak kecamatan dalam usaha meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan di wilayah Teritorial Kodim 1506 Namlea.

Baca Juga: Puluhan Tahun Warga Dusun Fatsinan Hidup Tanpa Listrik

“Harapan kita dengan adanya kegiatan KB ini dapat menciptakan program keluarga berencana, dengan mewujudkan masyarakat yang sehat, bahagia dan sejahtera ditengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Buru, Elvira Kararullah menambahkan, masyarakat Buru, khususnya yang tinggal di desa untuk menuju sejahtera sudah harus bisa berdiri sendiri, tanpa ada bantuan dari orang lain.

Untuk itu, melalui program ini, diharapkan masyarakat  dapat menyadari apa makna dan tujuan dari program KB yakni untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan melaksanakan implementasi, kerjasama dalam penguatan kependudukan.

“Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada bidan desa dan masyarakat yang telah mendukung kegiatan ini dengan baik dan merupakan mitra kerja yang sangat potensial untuk percepat keberhasilan program, sehingga menekan angka kelahiran,” ucapnya. (S-31)