MASOHI,Siwalimanews – Kodim 1502 Masohi, menggelar kegiatan lomba pidato bagi siswa SMA/MA di Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Rabu (15/7).

Kegiatan yang diarahkan guna meningkatkan semangat siswa untuk terus belajar ditengah pandemi Covid -19 itu digagas dengan tema menjadikan generasi pemuda berkarakter.

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Malteng Marlatu Leleuri itu diikuti itu oleh 28 orang peserta dari SMA se-Kota Masohi.

Lelury dalam sambutannya saat  membuka kegiatan itu meng­apresiasi event yang dipelopori oleh Kodim 1502/Masohi.

Dirinya menilai, kegiatan itu memiliki nilai edukasi bagi para pelajar di tengah era modernisasi ini sekaligus ditengah pandemi Covid-19. “Bagi saya, lomba pidato ini memiliki nilai yang multi makna, karena sebagai media silaturahmi antar pelajar untuk mengokohkan rasa persatuan dan kesatuan,” ujar Wabup.

Baca Juga: Komisi I Minta BPBD Segera Cairkan Dana Gempa

Wabup berharap, dengan kegia­-tan itu, para siswa dapat termoti­vasi untuk giat belajar, serta mela­-tih kepercayaan diri untuk tampil dan berkreasi di depan publik.

“Dengan lomba pidato ini semoga dapat melatih keberanian para siswa untuk bisa tampil berdiplomasi di setiap hadapan publik,” harapnya.

Ditambahkannya, sebagai bang­sa yang ingin maju dan sukses, tentunya kita harus meyakini bahwa jalan terbaik untuk mencapai sukses adalah dengan ilmu. “Dengan iImu maka kesuksesan akan kita peroleh me­-lalui belajar dan membaca. Kemam­puan dan senang membaca adalah modal untuk sukses,” tandas Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Marlatu. L. Leleury.

Sementara itu Komandan Kodim 1502 Masohi,Letkol infanteri Nunung Wahyu Nugroho menegaskan, lomba pidato yang digagas Kodim Masohi itu adalah upaya untuk meningkatkan semangat belajar para siswa-siswi untuk terus belajar dan berkreasi ditengah krisis kebebasan sosial dikarenakan pandemi Covid-19.

“Selain sebagai bentuk dari upaya membangun karakter generasi muda,lomba pidato yang digagas hari ini juga sebagai bentuk dari upaya kami untuk mendorong semangat para siswa untuk terus belajar meskipun harus dilakukan dirumah atau yang dikenal dengan proses belajar jarak jauh,” jelas Dandim.

Dikatakan, pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda dunia saat ini telah mengakibatkan banyak masalah sosial termasuk menghambat proses belajar mengajar guna menumbuhkan sumber data generasi muda. Olehnya dengan kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi di Masohi dan Maluku Tengah secara umum dapat terus bersemangat memacu prestasi dan membentuk karakter anak bangsa yang handal meski­-pun dunia sedang berada dalam krisis Pandemi Covid-19. (S-36)