AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI/Pattimura dengan menggandeng Pattimura Diving Club melakukan restorasi terumbu karang dengan membuat rumah plankton ramah lingkungan di kawasan Teluk Ambon tepatnmya di spot Tapal Kuda, Selasa (9/2).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman bersama jajaran dan pendamping Padic.

“Melalui kegiatan ini diharapkan ekosistem laut yang rusak bisa pulih kembali, dapat menjadi atraksi wisata bawah laut, dapat sebagai sarana edukasi, penelitian ataupun kegiatan riset lainnya,” kata pangdam melalui Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan dalam rilis yang diterima Siwalima, kemarin.

Dikatakan terumbu karang merupakan ekosistem penting yang menjadi lumbung pangan biota perairan.

“Terumbu karang berfungsi sebagai pelindung fisik perairan, penyedia nutrien, tempat memijah ikan, hingga tempat bermain dan tempat asuhan seluruh biota di dalamnya,” ujarnya.

Baca Juga: Banyak Masalah, termasuk TKD Pegawai & Utang Pihak Ketiga

Dijelaskan kerusakan terumbu karang umumnya terjadi akibat ulah manusia. Praktik pengambilan ikan yang merusak, seperti pengeboman dan sianida menjadi sebab masifnya kerusakan karang yang terjadi.

Tidak hanya itu pembuangan sampah plastik ke sungai dan laut yang mengakibatkan ekosistem laut rusak.

Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian terumbu karang dengan tidak membuang sampah ke laut dan menangkat ikan dengan merusak terumbu karang,” tandasnya. S-39)