AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI Pattimura mendu­kung program bulan cinta laut yang untuk mendukung pelesta­rian lingkungan, terutama ekosistem laut.

Kegiatan bulan cinta laut ini sendiri digagas oleh Kemente­rian Kelautan dan Perikanan me­-lalui Kantor Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Ambon menggandeng Kodam XVI/Pattimura dan bebe­-rapa instansi lainnya, kembali menggelar kegiatan ini untuk mengampa­nye­kan pentingnya menjaga kesehatan laut sebagai sumber kehidupan maupun peno­­-pang pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan ini digelar di Baileo Emas Putih, Air Salobar, Kamis (27/10) dengan mengusung tema “Laut Sehat, Indonesia Sejahtera” dan salah satu agenda yang dila­-kukan dalam kegiatan ini adalah, pembersihan sampah di pesisir pantai dan penyelaman pengam­bilan sampah di dasar laut.

Kepala Kantor Stasiun Penga­wasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Ambon, Mubarak, yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini digelar dengan tujuan, untuk menum­buhkan rasa cinta masyarakat kepada laut dan memberikan edukasi, bahwa laut manjadi tanggung jawab bersama.

“Tanggung jawab dalam mem­-bersihkan atau mempertahankan asrinya laut itu bukan beberapa orang saja, tetapi seluruh elemen masyarakat, sehingga bisa memberi pengetahuan masyarakat, khususnya di teluk Ambon ini terjaga keasriannya dan tidak ada sampah di perairan,” ujarnya.

Baca Juga: Walikota Warning Tim Penilai P3K

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan laut dari sampah.

“Tolong, mari kita jaga bersama laut ini, karena ketika laut rusak, yang rusak kita juga, katanya.

Ia mengaku di Maluku terkenal dengan provinsi kepulauan, tentunya sumber daya-sumber daya itu yang terbesar ada di laut sehingga masyarakat harus menjaga laut. “Buang sampah­nya jangan ke laut lagi, ingatnya.

Ditempat yang sama, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Ruruh A Setyawibawa yang saat itu menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, TNI dalam hal ini Kodam selalu siap mendukung program KKP bulan cinta laut yang disllenggarakan oleh PSDKP Ambon.

“Kegiatan ini sangat bagus karena menjaga lingkungan, kemudian juga memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa kegiatan ini bukan tanggung jawab PSDK Ambon saja, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama” kata Pangdam.

Untuk itu, Pangdam menghimbau untuk terus sama-sama melestarikan ekosistem laut, sehingga nanti anak cucu bisa terus melestarikan dan menikmati laut sebagai sumber kehidupan. (S-09)