AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI Pattimura, melalui program Mabes TNI Karya Bakti Skala Besar, membuka akses dengan membangun jembatan yang menghubungkan enam desa di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Jembatan gantung yang terletak di Desa Togola Wayoli, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat itu, diresmikan Pangdam XVI Pattimura Mayjen Richard Tampubolon, Selasa (5/7) kemarin.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, terbukanya akses jalan ini sebagai wujud perhatian TNI AD terhadap kesulitan yang dirasakan masyarakat, dimana sesuai tekad Kodam XVI Pattimura, untuk menjadi pelindung dan perekat bangsa melalui program tersebut.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh adat dan segenap masyarakat desa atas partisipasi dan support dalam pembangunan jembatan ini,” ucap Pangdam.

Jembatan ini kata Pangdam, merupakan akses warga dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari; sehingga dapat mendukung proses jalannya pembangunan ekonomi, pertanian, jangkauan kesehatan dan pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Pemprov Mulai Bayar TPP Pegawai

Dengan adanya jembatan ini, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah, sekaligus membuka akses ke daerah yang terisolir. untuk itu kiranya, fasilitas ini dapat dijaga, dirawat dan dimanfaatkan sebaik- baiknya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Pemantapan dan penyempurnaan jembatan ini kedepan akan terus dilaksanakan koordinasi dengan bapak Bupati Halmahera Barat,” kata Pangdam.

Bupati Halbar James Uang pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI,s ebab dengan adanya jembatan ini, masyarakat tak hanya dapat saling berkunjung, tetapi juga bisa melaksanakan kegiatan berkebun, sekolah dan kegiatan sehari- hari lainnya.

Pada momen itu juga dilakukan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di jembatan gantung tersebut, sekaligus pemberian cenderamata dan Sembako kepada masyarakat Desa Togola Wayoli.

Turut mendampingi Pangdam pada peresmian jembatan itu, Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, Kasrem 152 Baabullah, Aster Kasdam Pattimura serta beberapa Pa Ahli Pangdam, Dandim 1501 Ternate dan Forkopimda Halbar. (S-25)